Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayar Tiket Kereta Api Kini Tak Perlu Keluar dari Aplikasi KAI Access

Kompas.com - 23/11/2021, 10:16 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Seluruh calon penumpang kereta api (KA) yang hendak membeli tiket dapat melakukan pembayaran langsung lewat aplikasi KAI Access.

Melansir rilis dari PT KAI, hal ini dimungkinkan dengan dompet digital KAIPay yang baru diluncurkan pada Kamis (18/11/2021) sebagai metode pembayaran alternatif di aplikasi tersebut.

“KAIPay merupakan bagian dari transformasi digital yang saat ini tengah KAI gencarkan untuk mengakselerasikan kemajuan perusahaan,” ungkap Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo di Stasiun Gambir, Kamis.

Baca juga:

Adapun hadirnya metode pembayaran alternatif ini untuk memberi keamanan, kemudahan, dan kecepatan bagi para penumpang saat bertransaksi di KAI Access.

Sebab layanan uang elektronik ini disematkan pada aplikasi KAI Access. Transaksi pembayaran akan lebih praktis karena calon penumpang tidak perlu berpindah aplikasi mulai dari pemesanan tiket hingga pembayaran.

Perjalanan kereta api jarak jauh. Dok. KAI Perjalanan kereta api jarak jauh.

Lebih lanjut, KAIPay juga dapat digunakan untuk membayar layanan First Mile dan Last Mile, serta beragam produk atau jasa yang tersedia pada aplikasi tersebut.

Didiek mengatakan bahwa pembayaran lewat KAIPay aman karena setiap transaksi memerlukan PIN untuk verifikasi pembayaran.

Jika ingin memanfaatkan metode pembayaran alternatif tersebut, masyarakat perlu memperbarui aplikasi KA Access.

Baca juga:

Saat membuka aplikasi, calon penumpang harus melakukan aktivasi terlebih dahulu dengan mengklik ikon KAIPay dan mengikuti langkah-langkah yang tersedia dalam aplikasi itu.

Terkait pengisian saldo KAIPay, calon penumpang bisa melakukannya melalui transfer via Virtual Account di beberapa bank atau melalui minimarket. Biaya administrasinya Rp 0 selama masa promo berlangsung.

“Hadirnya KAIPay diharapkan akan semakin meningkatkan animo masyarakat, terutama milenial dalam menggunakan layanan kereta api dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” pungkas dia.

Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui contact center KAI 121, WhatsApp +628111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com