Kompas.com - 24/11/2021, 14:21 WIB

KOMPAS.com - Bukit Pengilon di area hutan Purwodadi, Gunungkidul, Yogyakarta, merupakan lokasi untuk menikmati panorama perbukitan dan Pantai Selatan dari ketinggian.

Wisatawan juga bisa berkemah sambil menyaksikan pemandangan alam. 

"Untuk akses ada tiga jalur yaitu via Balong, Pantai Siung, dan Dusun Duwet. Bisa dibilang akses utamanya melalui via Balong," ujar Pemandu Lokal Bukit Pengilon, Sumar, saat dihubungi Kompas.com pada Selasa (23/11/2021).

Bukit Pengilon berada di pagian pesisir selatan Yogyakarta yang berjarak sekitar 35,5 kilometer (km) dari Alun-alun Wonosari.

Wisatawan perlu berkendara sekitar satu jam untuk mencapai tempat wisata tersebut dari pusat Kabupaten Gunungkidul. 

Baca juga: Bukit Pengilon Yogyakarta, Tempat Nikmati Pemandangan Pantai Selatan dari Ketinggian

 

Dari Alun-alun Wonosari, kamu perlu berkendara ke arah kanan menuju Jalan Nasional III. Di pertigaan, belok kiri untuk tetap berada di Jalan Nasional III.

Pada pertigaan ketiga, atau sekitar 240 meter, belok kanan menuju Jalan Ringin Sari. Kamu perlu tetap di jalur ini hingga menjumpai pertigaan setelah 450 meter.

Belok kiri menuju Jalan Tentara Pelajar di pertigaan tersebut. Setelah berkendara sekitar 250 meter, kamu akan menjumpai Warung Makan Mbak Eny di sebelah kiri Jalan.

Beberapa meter dari warung makan tersebut, kamu akan menemukan pertigaan. Belok kanan menuju Jalan Baron di pertigaan tersebut.

Setelah berkendara sejauh 6,5 km di Jalan baron, belok kiri di pertigaan Mulo Wonosari arah Pantai Timang. Selanjutnya kamu hanya perlu berkendara di sepanjang jalan tersebut sejauh 7,7 km hingga menemukan Toko Listrik Audio Elektronik di sebelah kiri jalan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.