Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/11/2021, 07:13 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan serta Korea Tourism Organization (KTO) menghadirkan kampanye wisata baru.

Kampanye bertajuk Come Play with Korea, K-VIBE Festa ini hadir melalui platform metaverse pada extended reality (XR).

Adapun dilansir dari Kompas.com, Kamis (4/11/2021), metaverse mengacu pada ruang digital yang dapat diakses melalui internet. 

"Metaverse adalah ekosistem baru yang dapat mendobrak batas negara dan mewujudkan impian dan pengalaman semua orang. Melalui kampanye ini, kami dapat memberikan kesempatan kepada orang-orang di seluruh dunia untuk tenggelam dalam pengalaman baru perjalanan Korea dan impian mengunjungi Korea," kata Direktur Tim Pemasaran Merek KTO, Choongsub Oh, dikutip dari keterangan resmi, Rabu (24/11/2021). 

Baca juga:

Berkesempatan menangkan suvenir K-Pop

Come Play with Korea, K-VIBE Festa terdiri dari beberapa bagian, yakni K-Travelog, K-VIBE Concert, Zepeto Event, dan K-Friends. 

Calon wisatawan dapat melakukan registrasi di kvibefiesta.com terlebih dahulu agar bisa berpartisipasi dan berkesempatan mendapat hadiah berupa K-Random Box. 

Selesai registrasi, mereka bisa merancang rencana perjalanan di bagian K-Travelog. 

Yangyang Surfyy Beach di Korea Selatan.UNSPLASH/Edwards Lee Yangyang Surfyy Beach di Korea Selatan.

K-Travelog adalah platform pengalaman perjalanan virtual Korea. Di bagian ini, para peserta dapat melihat beragam atraksi dan restoran di seluruh penjuru Korea, di antaranya Busan, Andong, Gyeongju, Daegu, Yangyang, dan Seoul.

Apabila rencana perjalanan telah dipilih dan masuk cart, mereka akan diminta merekam video berdurasi pendek, salah satunya berisi ekspresi mereka seolah-olah mereka sedang berada di Korea. 

Video yang terpilih akan digunakan oleh KTO untuk membuat video perjalanan. Video tersebut akan diberikan kepada peserta sebagai hadiah.

Tidak hanya itu, para peserta juga berkesempatan menerima K-Random Box. 

Berdasarkan laman resmi kampanye tersebut, K-Random Box berisi beragam suvenir, di antaranya buku petunjuk Korea Selatan, majalah Billboard Korea, barang-barang BTS, postcard NCT, gantungan kunci Aespa, dan masih banyak lagi. 

Sedangkan bagian K-VIBE di Zepeto akan terhubung dengan platform metaverse Korea Selatan, Zepeto. Di bagian itu, KTO menciptakan kembali Kota Gyeoungju. 

Para pengguna dapat melihat sejumlah tempat wisata di Korea Selatan, antara lain Jalan Hwangridan-gil, Gyochon Hanok Village, Observatorium Cheomsongdae, Makam Cheonmachong, Paviliun Poseokjeong, Hwangma Bakery, dan Yangji Dabang.

Calon wisatawan pencinta K-Pop bisa menikmati konser K-VIBE yang akan menggunakan teknologi XR. 

Konser berdurasi sekitar 80 menit yang disiarkan langsung di studio ini rencananya akan diadakan pada 8 Desember 2021. 

Menurut keterangan resmi dari KTO, konser tersebut menampilkan artis KPop dan atraksi di Korea, di antaranya Lotte Tower, Insa-dong, dan Pantai Yangyang Surfyy. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com