Kompas.com - 25/11/2021, 19:31 WIB

KOMPAS.com - Australia akan membebaskan kewajiban karantina untuk wisatawan asal Korea Selatan yang sudah bervaksin Covid-19 lengkap mulai 1 Desember 2021. 

Langkah tersebut merupakan bagian dari pembukaan bertahap Australia untuk pelaku perjalanan internasional. 

Baca juga:

Menurut keterangan resmi yang diterima, Kamis (25/11/2021), berikut syarat yang harus dipenuhi oleh wisatawan asal Korea Selatan:

  • Memiliki visa yang valid.
  • Telah memperoleh vaksin Covid-19 dosis lengkap dengan jenis vaksin yang disetujui oleh Badan Pengawasan Obat-obatan Australia (TGA). 
  • Wisatawan berusia 17 tahun ke bawah yang belum bervaksin Covid-19 akan diizinkan untuk berwisata asalkan didampingi orang dewasa yang telah bervaksin Covid-19 lengkap. 
  • Berangkat dari Korea dan tiba di kawasan yang masuk wilayah Australia. Menurut laman resmi pemerintah Australia, kawasan yang dimaksud adalah New South Wales, Victoria, dan Australian Capital Territory (wilayah Ibu Kota Australia). 
  • Memiliki bukti status vaksinasi. 
  • Menunjukkan hasil negatif Covid-19 melalui tes PCR yang dilakukan tiga hari sebelum keberangkatan. 
  • Kewajiban untuk tes PCR sebelum keberangkatan dikecualikan untuk beberapa penumpang, di antaranya anak usia 4 tahun ke bawah, penumpang dengan kondisi kesehatan tertentu yang bisa menunjukkan bukti yang relevan, dan awak pesawat internasional. 

Berdasarkan laman TGA per 1 November 2021, jenis vaksin yang diterima untuk tujuan wisata di Australia adalah Coronavac (Sinovac), Covidshield (AstraZeneca), BBIBP-CorV untuk orang-orang berusia 18-60 tahun (Sinopharm China), dan Covaxin (Bharat Biotech). 

Ilustrasi Australia - Pantai Bondi di Sydney (SHUTTERSTOCK/GagliardiPhotography).SHUTTERSTOCK/GagliardiPhotography Ilustrasi Australia - Pantai Bondi di Sydney (SHUTTERSTOCK/GagliardiPhotography).

Managing Director Tourism Australia, Phillipa Harrison, mengatakan bahwa langkah tersebut cukup signifikan dalam membangun kembali kunjungan internasional dari Korea.

"Australia telah lama menjadi destinasi outbound populer untuk wisatawan dari Korea Selatan, dengan sebanyak 280.000 wisatawan (asal negara tersebut) berkunjung ke negara kami sebelum Covid-19. Kami sangat senang karena kami akan bisa menyambut kembali pengunjung dari pasar pariwisata yang penting ini," ujar Harrisson.

Baca juga:

Untuk diketahui, berdasarkan data Biro Statistik Australia tahun 2019, Korea Selatan berada di peringkat ke-10 untuk negara dengan kunjungan internasional terbesar di Australia. 

Pada tahun 2019, sebanyak 281.000 wisatawan asal Korea Selatan mengunjungi negara ini. Angka tersebut setara tiga persen dari kedatangan internasional Australia. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.