Kompas.com - 01/12/2021, 11:16 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah Kota Oxford menyampaikan dukungannya terhadap promosi Indonesia dalam acara ISME UK Expo in Oxford pada Minggu (28/11/2021) di Oxford Town Hall, Inggris. 

Adapun dukungan tersebut salah satunya berupa akses masuk produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) asal Nusantara.

Selain itu, Pemerintah Kota Oxford juga memastikan bahwa kota tersebut akan tetap menjadi tempat yang ramah untuk para mahasiswa dan masyarakat Indonesia. 

"Indonesia adalah negara besar yang sangat beragam dan kaya. Saya yakin melalui acara ini, semakin banyak publik Inggris yang mengenal Indonesia dan persahabatan antara kedua negara akan semakin menguat," ujar Lord Mayor of Oxford, Councillor Mark Lygo, dikutip dari keterangan resmi KBRI London, Rabu (1/12/2021).

Baca juga:

Sebagai informasi, ISME UK Expo in Oxford merupakan rangkaian kegiatan promosi dan roadshow produk UMKM Indonesia yang digelar di sejumlah kota di Inggris.

Acara yang dihadiri 1.500 pengunjung ini merupakan kolaborasi dari beberapa pihak, di antaranya Indonesian SMEs in the UK (ISME UK) yang merupakan komunitas para pelaku UMKM asal Indonesia di Inggris, KBRI London, Bank Indonesia, BNI, Mandiri, dan para mahasiswa PPI (Persatuan Pelajar Indonesia).

ISME UK Expo in Oxford juga didukung oleh Pemerintah Kota Oxford. 

Lord Mayor of Oxford, Councillor Mark Lygo, saat mengikuti keseruan acara ISME UK Expo in Oxford, Minggu (28/11/2021).Dok. KBRI London Lord Mayor of Oxford, Councillor Mark Lygo, saat mengikuti keseruan acara ISME UK Expo in Oxford, Minggu (28/11/2021).

"ISME UK Expo in Oxford menawarkan produk terbaik Indonesia, seiring dengan semakin intensifnya hubungan ekonomi kedua negara. ISME dapat berperan menjembatani koneksi antara UMKM Indonesia di Inggris dengan sektor usaha di kedua negara untuk meningkatkan akses produk Indonesia ke Inggris," jelas Duta Besar Republik Indonesia untuk Inggris, Irlandia, dan IMO, Desra Percaya.

Dalam acara tersebut, berbagai produk khas Indonesia dipromosikan, antara lain kain batik dan tenun, alas kaki, tas, perhiasan perak, keramik, kerajinan kayu, serta perlengkapan rumah yang ramah lingkungan.

Baca juga:

Selain produk-produk UMKM, acara tersebut juga menghadirkan masakan khas Indonesia, pertunjukan musik dan tari tradisional, workshop gamelan, dan informasi belajar bahasa Indonesia. 

“Saya yakin bahwa melalui promosi produk UMKM, kepada publik Inggris kita dapat terus membangun profil dan brand Indonesia yang kaya, menawan, dan mencerminkan nilai persatuan. Tidak kalah penting adalah kegiatan ini akan semakin mempererat hubungan antara masyarakat Indonesia dengan masyarakat Inggris, khususnya yang tinggal di Oxford dan sekitarnya,” tambah Desra.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.