5 Tips Memotret Pemandangan dari Kabin Pesawat agar Hasilnya Optimal

Kompas.com - 09/12/2021, 11:11 WIB

KOMPAS.com - Pemandangan dari luar jendela pesawat memang terlihat indah dan menakjubkan. Banyak penumpang yang sengaja duduk di dekat jendela agar bisa memotretnya.

Meski secara umum pemandangan di luar pesawat memang indah, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar hasil foto menjadi lebih indah.

Baca juga: 3 Tips Memotret Perjalanan ala Don Hasman

Berikut beberapa tips memotret pemandangan dari kabin pesawat agar lebih optimal, dilansir dari Digital Photography School, Selasa (7/12/21).

1. Persiapan sebelum berangkat

Ada beberapa hal yang bisa memudahkan saat memotret, yaitu persiapan sebelum terbang. Kenali rute penerbangan agar tahu kira-kira obyek apa saja yang akan dilewati.

Persiapkan kamera yang akan digunakanUnsplash/Matt Bero Persiapkan kamera yang akan digunakan

Pelajari waktu, cuaca, dan sediakan peralatan kamera yang akan digunakan saat duduk di kabin. Dengan demikian, kamu tidak akan kerepotan menyiapkannya, apalagi jika duduk berdampingan dengan penumpang lain.

2. Gunakan fokus manual

Biasanya, lensa kamera akan sulit menyesuaikan jika memotret melalui kaca, apalagi kaca pesawat yang berlapis-lapis. Bisa jadi kamera malah akan fokus ke kaca pesawat, sehingga gambar pemandangan menjadi blur.

Baca juga: 5 Cara Temukan Kursi Terbaik dan Ternyaman di Pesawat

Menggunakan mode fokus manual dapat membantu kamera menangkap gambar secara otomatis.

Ilustrasi kamera mirrorless Nikon Z fc yang bergaya retro, ala kamera SLR analogNikon Ilustrasi kamera mirrorless Nikon Z fc yang bergaya retro, ala kamera SLR analog

Namun, jika ingin menangkap efek tertentu, pastikan bahwa kamu sudah memahami pengaturan kamera. Coba sesuaikan kecepatan rana, bukaan lensa, atau ISO jika kamu memakai kamera selain ponsel.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.