Daftar 5 Desa Wisata Maju Terbaik versi ADWI 2021, Ada Desa Wisata Ngilngof

Kompas.com - 09/12/2021, 17:14 WIB

KOMPAS.com – Lima desa wisata yang tersebar di Indonesia berhasil dinobatkan sebagai Desa Wisata Terbaik Kategori Desa Wisata Maju.

Adapun pengumuman dari lomba Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADW) 2021 yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) ini dilakukan pada Selasa (7/12/2021).

Masing-masing desa wisata yang memenangkan kategori itu memiliki pesonanya tersendiri. Berikut Kompas.com rangkum, Kamis (9/12/2021):

Baca juga:

1. Desa Wisata Ngilngof, Maluku

Desa Wisata Ngilngof berlokasi di Jalan Petrus Tethool, Kecamatan Manyeuw Kecil, Kei Kecil, Kepulauan Kei, Kabupaten Maluku Tenggara.

Desa ini merupakan rumah dari Pantai Ngubloat yang disebut memiliki pasir terhalus di Asia Tenggara, bahkan di dunia.

Wisatawan yang berkunjung dapat berenang di tepi pantai, menyelam, bermain pasir, jalan-jalan di tepi pantai, atau berkeliling naik perahu dengan membayar mulai dari Rp 200.000 per perahu.

Ada juga Pantai Ngurfaruan yang bisa dikunjungi. Letaknya tepat di depan Desa Wisata Ngilngof, dan dikelilingi oleh pohon kelapa.

Pantai ini juga bisa terlihat dari Gereja Santa Maria Ngilngof. Gereja megah dengan gaya bangunan khas Eropa ini letaknya berada di dataran tinggi desa tersebut.

Jika ingin menikmati wisata alam lainnya, wisatawan dapat berkunjung ke Pantai Yenroa untuk berenang atau memancing dengan naik perahu tradisional.

Baca juga:

2. Desa Wisata Dieng Kulon, Jawa Tengah

Kompleks Candi Arjuna di dataran tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.KOMPAS.COM/FADLAN MUKHTAR ZAIN Kompleks Candi Arjuna di dataran tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Desa Wisata Dieng Kulon terletak di Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, dan berada di ketinggian 2.093 meter dari permukaan laut (mdpl).

Wisatawan yang berkunjung akan ditawarkan empat tempat wisata.

Salah satunya adalah Bukit Sikunir yang menampilkan golden sunrise dan panorama delapan gunung di sekitarnya.

Ada juga Candi Arjuna yang merupakan kompleks peninggalan kerajaan Mataram Kuno. Candi ini merupakan salah satu spot untuk menikmati embun es atau embun upas.

Sebelum pandemi Covid-19, Desa Wisata Dieng Kulon kerap mengadakan acara Dieng Culture Festival setiap tahunnya. Biasanya, masyarakat penggemar musik jazz akan berbondong-bondong menontonnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.