Kompas.com - 10/12/2021, 12:53 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah Singapura mendeteksi munculnya dua kasus positif Covid-19 varian baru Omicron, Kamis (9/12/2021).

Salah seorang yang terkonfirmasi positif adalah petugas garis depan di Bandara Changi Singapura, membuat peristiwa ini sebagai kasus lokal pertama.

Sedangkan, satu lagi adalah kasus yang dibawa dari luar negeri atau kasus impor, kata Departemen Kesehatan Singapura, melansir dari Straits Times.

Baca juga:

Departemen Kesehatan Singapura juga menyebutkan bahwa kedua orang dalam kasus ini telah divaksinasi lengkap serta menerima suntikan booster. Satu orang tidak memiliki gejala, sementara satu orang lagi menunjukkan gejala ringan.

Kasus pertama dari anggota staf pelayanan Bandara Changi

Petugas Bandara Changi yang terinfeksi merupakan seorang perempuan berusia 24 tahun yang bekerja sebagai anggota staf pelayanan penumpang di Terminal 1 dan 3 Bandara Changi.

Ia juga bekerja di area transit yang diduga oleh Departemen Kesehatan, menjadi penyebab terjangkitnya virus karena kemungkinan interaksi dengan penumpang transit dari negara terdampak Omicron.

Kemungkinan ini beralasan karena ia tidak bekerja di Terminal 4, area bandara yang sebelumnya menjadi tempat kemunculan tiga kasus Omicron.

Baca juga: Omicron Ditemukan di Singapura dan Malaysia, Ini Persiapan Kemenkes

Kasus terdeteksi saat ia melakukan tes rutin mingguan bagi petugas bandara. Hasil PCR menunjukkan jejak yang berkaitan dengan varian Omicron, pada 8 Desember 2021.

Setelah hasil tes keluar, ia langsung melakukan karantina mandiri di rumah dan dibawa ke National Centre for Infectious Diseases di Singapura. Saat ini, Laboratorium Kesehatan Masyarakat Nasional sedang melakukan tes untuk mengonfirmasi varian tersebut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.