Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keren! Ini Dia Penampakan Baru Big Ben di London

Kompas.com - 10/12/2021, 14:31 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Ikon Kota London di Inggris yakni Big Ben memiliki penampilan baru usai ditutup untuk perbaikan kecuali untuk acara-acara khusus.

Melansir Lonely Planet, Rabu (1/12/2021), Big Ben terakhir membunyikan belnya pada 2017. Ini merupakan hal paling langka yang terjadi dalam 162 tahun sejarahnya.

Pada akhir November 2021, salah satu wajah jamnya diperlihatkan dan menampilkan panel kaca tiup baru dan detail rumit yang dipulihkan.

Detail itu mencakup jarum jam dan angka-angka yang berwarna biru Prusia dari yang sebelumnya berwarna hitam.

Baca juga:

Adapun kegiatan berkumpul di jembatan Sungai Thames ketika Big Ben berdenting saat perayaan Malam Tahun Baru sudah menjadi tradisi bagi warga setempat.

Parlemen Inggris mengumumkan bahwa pada 31 Desember 2021, jam itu akan terlihat kembali dan berdenting untuk terakhir kalinya menggunakan mekanisme listrik sementara.

“Saat Tahun Baru, orang-orang akan melihat perbedaan yang besar. Mereka akan mulai mendapatkan menara mereka kembali,” ujar Project Manager Nicholas Sturge kepada Reuters, melansir Lonely Planet.

Tampilan baru Big Ben di Kota London, Inggris.© Anadolu Agency/ Getty Images via Lonely Planet Tampilan baru Big Ben di Kota London, Inggris.

Sturge melanjutkan, atap Big Ben akan terlihat sepenuhnya bersama empat wajah jam yang menghiasinya.

“Pemerintah berharap jam itu akan ditenagai gravitasi lagi pada musim semi, dan bel akan melanjutkan jadwal normalnya kembali,” ujar dia.

Ikon yang ditutup steger sejak 2017

Menara jam Big Ben di Kota London, secara resmi dikenal sebagai Elizabeth Tower, merupakan ikon yang telah ditutup oleh perancah atau steger (scaffolding) selama bertahun-tahun.

Sejak 2017, sekelompok arsitek, pembuat jam, insinyur, dan perajin yang terlatih secara tradisional telah mengerjakan menara dari abad ke-19 ini.

Baca juga:

Adapun pengerjaan dilakukan untuk memulihkan detail dan mengatasi masalah struktural seperti kondisi bata yang memburuk dan logam berkarat.

Big Ben berlokasi di Gedung Parlemen atau Istana Westminster. Penamaan dari ikon Kota London ini diperkirakan dinamai setelah Benjamin Hall.

Untuk diketahui, Benjamin Hall merupakan seorang Chief Commissioner of Works saat bel dari Big Ben mulai berdenting pada 1859.

Menurut Kantor Pariwisata Kota London, menara Big Ben merupakan atraksi berbayar nomor delapan yang paling sering dikunjungi wisatawan pada 2020.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com