Kompas.com - 10/12/2021, 15:03 WIB
Ilustrasi Uni Emirat Arab - Pemandangan Burj Khalifa. SHUTTERSTOCK/Tomasz CzajkowskiIlustrasi Uni Emirat Arab - Pemandangan Burj Khalifa.

KOMPAS.com - Negara Uni Emirat Arab (UEA) akan menggeser libur akhir pekannya ke Sabtu dan Minggu mulai 2022.

Melansir Independent.co, secara tradisional diketahui bahwa akhir pekan di Abu Dhabi dan Dubai jatuh pada hari Jumat dan Sabtu.

Namun, per 1 Januari 2022 akhir pekan akan digeser mulai Jumat sore hingga hari Minggu dengan masa kerja 4,5 hari.

Latar belakang kebijakan tersebut adalah memastikan ekonomi EWA mengikuti alur sebagian besar negara di dunia, yakni Sabtu dan Minggu.

Keputusan menggeser akhir pekan akan membuat UEA menjadi salah satu dari sedikit wilayah di Timur Tengah yang beroperasi pada jam-jam barat, bukan pada hari kerja tradisional, yakni Minggu-Kamis.

Baca juga:

Di bawah aturan baru, pegawai pemerintah akan bekerja setengah hari saat Jumat, sebagai hari suci tradisional Muslim.

Raffles The Palm, Dubai accor-mediacenter.com Raffles The Palm, Dubai

Kemudian mereka akan mengambil libur pada hari Sabtu dan Minggu, kata para pejabat. Sementara itu, industri swasta dan sekolah kemungkinan juga akan mengikuti peraturan ini.

Pemerintah setempat memuji keputusan tersebut karena menjadikan UEA sebagai “negara pertama di dunia yang memperkenalkan hari kerja nasional yang lebih pendek dari lima-hari-kerja di dunia," dengan referensi setengah hari kerja di hari Jumat.

Akhir pekan yang diperpanjang itu pun merupakan bagian dari upaya pemerintah UEA untuk meningkatkan keseimbangan kehidupan kerja dan meningkatkan kesejahteraan sosial.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.