Kompas.com - 10/12/2021, 15:31 WIB

KOMPAS.com - Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum naik pesawat. Memang, saat masa pandemi syarat untuk naik pesawat jadi perhatian utama. Namun, jangan sampai hal-hal lainnya diabaikan.

Salah satunya adalah kondisi tubuh, terutama kebutuhan makan dan minum selama melakukan perjalanan.

Baca juga: 8 Tips Naik Pesawat Bersama Anak agar Tetap Aman dan Nyaman 

Pasalnya, kelembaban rendah dan udara kering di kabin pesawat cenderung memberikan efek dehidrasi pada penumpang. Tekanan atmosfer saat pesawat di udara juga berpengaruh kurang baik bagi pencernaan.

Berikut ini Kompas.com rangkum seputar makan dalam perjalanan naik pesawat:

Kapan waktu yang tepat untuk makan saat naik pesawat?

Waktu makan yang tepat saat naik pesawat ternyata adalah sebelum terbang atau ketika maish di rumah.

“Sebaiknya, traveller makan terlebih dahulu di rumah, sebelum melakukan penerbangan,” kata ahli diet terdaftar yang berbasis di New York bernama Tracy Lockwood Beckerman mengutip dari HuffPost.

Dengan makan di rumah, kamu bisa menghindari makanan dan minuman bandara yang biasanya kurang baik untuk pencernaan. Selain itu, kamu jadi tidak perlu melepas masker untuk makan di pesawat, sehingga meminimalisir resiko terkena virus.

Baca juga:

Jika tidak sempat makan di rumah, usahakan untuk tetap mengisi perut sekitar satu jam sebelum keberangkatan. Contohnya, kamu bisa makan di perjalanan menuju bandara atau saat di ruang tunggu.

“Ini akan memberikan waktu bagi tubuh untuk mencerna makanan, dan membuat traveller bisa nyaman menggunakan toilet sebelum berangkat,” ujar juru bicara media New York State Academy of Nutrition and Dietetics Jonathan Valdez.

Sementara itu, ahli diet di New Jersey dan salah satu pendiri Culina Health Vanessa Rissetto menekankan untuk memperhatikan ritme alami tubuh dan komitmen terhadap rutinitas atau pola makan.

Halaman:
Sumber HuffPost


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.