Kompas.com - 10/12/2021, 17:29 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), masih menunggu aturan turunan dari Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 66 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 pada Saat Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru). 

"Selasa akan kita rapatkan, dan akan membuat surat edaran kepada pengelola wisata. Kemungkinan (salah satunya) pelarangan acara malam pergantian tahun untuk menghindari kerumunan. Tapi kita menunggu turunan dari Inmendagri," kata Sekretaris Dinas Pariwisata (Dinpar) Hary Sukmono saat dihubungi wartawan, Jumat (10/12/2021).

Baca juga:

Ia menjelaskan, meski ada pembatasan kunjungan wisatawan, namun kemungkinan akan ada target kunjungan saat libur Nataru mendatang.

"Kemungkinan akan ada target khusus, tetapi akan kita rapatkan terlebih dahulu," kata Harry.

Adapun untuk target kunjungan wisata selama tahun 2021, Harry mengatakan saat ini kurang Rp 1,7 miliar.

"Tahun ini target (Pendapatan Asli Daerah atau PAD dari sektor pariwisata) Rp 12 Miliar, realisasi saat ini Rp 10,3 Miliar. Jadi masih kurang Rp 1,7 Miliar," kata Harry.

Pengunjung Berfoto di Kawasan Teraskaca, Pantai Ngluluran, GunungkidulDok pengelola Teraskaca Pengunjung Berfoto di Kawasan Teraskaca, Pantai Ngluluran, Gunungkidul

Jika mengacu pada Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 66 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 pada Saat Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru Tahun 2022, kapasitas wisatawan maksimal 75%.

Untuk lebih spesifiknya, setiap daerah diminta membatasi jumlah wisatawan sampai dengan 75% (tujuh puluh lima persen) dari kapasitas total. Hal ini tercantum di diktum keempat huruf g.

"Yang kami belum tahu, terkait kuota ini. Apakah diberikan kewenangan ke kami atau gimana. Nanti Ingub (Instruksi Gubernur) gimana, Inbup (Instruksi Bupati) gimana, apakah 25 persen atau berapa nanti kuotanya, kami masih menunggu," kata Harry. 

Baca juga:

Sementara Marketing Teraskaca Pantai Ngularan, Gabilla Nasution, mengatakan, pihaknya mengapresiasi langkah pemerintah pusat yang tidak menutup kawasan wisata selama libur akhir tahun.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.