Kompas.com - 11/12/2021, 16:04 WIB

KOMPAS.com – Berencana melakukan penerbangan pada masa pandemi Covid-19, ada baiknya untuk memakai masker tertentu. 

Meski ada banyak sekali jenis masker yang aman, perjalanan udara bisa menjadi lebih berbahaya karena adanya banyak penumpang internasional dari berbagai negara.

Demi keamanan penerbangan yang lebih baik, ada sejumlah jenis masker yang direkomendasikan, dilansir dari Healthline, Jumat (10/12/2021).

Baca juga: 8 Tips Naik Pesawat Bersama Anak agar Tetap Aman dan Nyaman 

Tidak semua masker sama

Direktur sistem pencegahan dan pengendalian infeksi untuk Rumah Sakit Metodis Houston di Houston, Texas, Firas Zabaneh mengatakan pada dasarnya ada dua jenis masker yang tersedia untuk konsumen yakni masker kain sekali pakai

“Kualitas masker kain yang dapat digunakan kembali telah meningkat pesat sejak awal pandemi,” ujar Zabaneh. 

“Tergantung pada (konstruksi) dan kecocokannya, beberapa masker kain berfungsi sama baiknya dengan masker sekali pakai berkualitas tinggi dalam melindungi dari penularan COVID-19.”

Baca juga: 8 Cara Mengatasi Mabuk Udara di Pesawat, Kurangi Makan Makanan Asin

Meski akhir-akhir ini masker kain telah mengalami beberapa kritik tentang seberapa efektif, Zabaneh menyebut bahwa banyak produsen yang mulai melakukan pengujian untuk membuktikan keefektifannya dalam menyaring partikel.

Dia mengatakan aturan praktis yang baik adalah memastikan pembuat melakukan pengujian melalui laboratorium independen bersertifikat dengan reputasi baik.

Jadi masker kain disebutkan Zabaneh merupakan “alternatif yang bagus” untuk masker sekali pakai bagi masyarakat.

Menurutnya selain masker kain, ada banyak jenis masker sekali pakai yang tersedia dan baik di antaranya yang memiliki standart medis, disertifikasi oleh ASTM, dan disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA). 

Ilustrasi masker N95. Banyak jenis masker medis yang beredar, selain masker bedah, ada juga masker N95, masker KN95 hingga KF94 yang belakangan cukup populer. Masker-masker ini memiliki perbedaan dari bentuk hingga efektivitas dalam menyaring partikel udara.SHUTTERSTOCK/Maridav Ilustrasi masker N95. Banyak jenis masker medis yang beredar, selain masker bedah, ada juga masker N95, masker KN95 hingga KF94 yang belakangan cukup populer. Masker-masker ini memiliki perbedaan dari bentuk hingga efektivitas dalam menyaring partikel udara.

Baca juga: 5 Cara Temukan Kursi Terbaik dan Ternyaman di Pesawat

ASTM membagi masker kelas medis menjadi tiga tingkat, 1, 2, dan 3, semakin tinggi tingkat peringkatnya maka semakin baik juga dalam memberikan perlindungan.

Masker yang lebih baik adalah yang terbuat dari tiga atau empat lapis bahan, seperti masker KN95 atau respirator N95.

Walaupun bagus jenis masker yang telah disebutkan tidak diperlukan untuk sebagian besar peraturan publik.  Mereka dirancang untuk menyaring 95 persen partikel dan biasanya digunakan oleh petugas kesehatan di lingkungan berisiko tinggi.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.