Kompas.com - 11/12/2021, 21:28 WIB

KOMPAS.com - Pulau Mont Saint Michel di Perancis disebut menjadi inspirasi kastel di film Disney Tangled.

Pulau ini adalah pulau pasang surut (tidal island) kecil yang berlokasi di Normandia, sekitar satu kilometer dari pesisir utara Perancis.

Baca juga:

Kenapa Mont Saint Michel disebut sebagai pulau pasang surut?

Keunikan dari pulau Mont Saint Michel adalah baru bisa dikunjungi saat air surut. Saat air pasang, pulau ini akan terlihat seolah-olah mengapung.

Pada awalnya Mont Saint Michel terhubung dengan daratan melalui jembatan yang terbentuk secara alami.

Namun, jembatan tersebut akan diselimuti air saat sedang pasang, dan akan terlihat kembali saat sedang surut.

Inilah alasan Mont Saint Michel dijuluki sebagai pulau pasang surut.

Mont Saint Michel pada malam hari, saat air pasang akan terlihat seperti mengapungUnsplash/Tommaso Cantelli Mont Saint Michel pada malam hari, saat air pasang akan terlihat seperti mengapung

Sejarah berdirinya Pulau Mont Saint Michel

Pulau ini telah ada sejak 1.000 tahun yang lalu dan kaya akan sejarah. Melansir dari laman resminya, Mont Saint Michel menjadi situs ziarah umat Kristen dari awal abad ke-8.

Pada waktu itu, Uskup Kota Avranches bernama Aubert mengklaim kemunculan Malaikat Michael yang kemudian memerintahnya untuk membangun gereja di atas pulau itu.

Sejak tahun 966 dan seterusnya, para bangsawan Normandia serta raja-raja Perancis mendukung pembangunan biara Benedictine utama di Pulau Mont Saint Michel.

Baca juga:

Baru kemudian bangunan-bangunan biara dibangun sepanjang Abad Pertengahan. Sehingga, Mont Saint Michel menjadi pusat pembelajaran yang terkenal dan menarik perhatian beberapa pemikir besar dan banyak wisatawan di Eropa.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.