Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mont Saint Michel di Perancis yang Jadi Inspirasi Kastel Film Tangled

Kompas.com - 11/12/2021, 21:28 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pulau Mont Saint Michel di Perancis disebut menjadi inspirasi kastel di film Disney Tangled.

Pulau ini adalah pulau pasang surut (tidal island) kecil yang berlokasi di Normandia, sekitar satu kilometer dari pesisir utara Perancis.

Baca juga:

Kenapa Mont Saint Michel disebut sebagai pulau pasang surut?

Keunikan dari pulau Mont Saint Michel adalah baru bisa dikunjungi saat air surut. Saat air pasang, pulau ini akan terlihat seolah-olah mengapung.

Pada awalnya Mont Saint Michel terhubung dengan daratan melalui jembatan yang terbentuk secara alami.

Namun, jembatan tersebut akan diselimuti air saat sedang pasang, dan akan terlihat kembali saat sedang surut.

Inilah alasan Mont Saint Michel dijuluki sebagai pulau pasang surut.

Mont Saint Michel pada malam hari, saat air pasang akan terlihat seperti mengapungUnsplash/Tommaso Cantelli Mont Saint Michel pada malam hari, saat air pasang akan terlihat seperti mengapung

Sejarah berdirinya Pulau Mont Saint Michel

Pulau ini telah ada sejak 1.000 tahun yang lalu dan kaya akan sejarah. Melansir dari laman resminya, Mont Saint Michel menjadi situs ziarah umat Kristen dari awal abad ke-8.

Pada waktu itu, Uskup Kota Avranches bernama Aubert mengklaim kemunculan Malaikat Michael yang kemudian memerintahnya untuk membangun gereja di atas pulau itu.

Sejak tahun 966 dan seterusnya, para bangsawan Normandia serta raja-raja Perancis mendukung pembangunan biara Benedictine utama di Pulau Mont Saint Michel.

Baca juga:

Baru kemudian bangunan-bangunan biara dibangun sepanjang Abad Pertengahan. Sehingga, Mont Saint Michel menjadi pusat pembelajaran yang terkenal dan menarik perhatian beberapa pemikir besar dan banyak wisatawan di Eropa.

Saat ini, Mont Saint Michel telah menjadi salah satu tempat wisata. Terdapat berbagai toko, restoran, hotel, dan museum untuk melayani wisatawan.

Grande Rue, Village of Saint Michael's Mount, Normandy, FranceShutterstock/Rolf E. Staerk Grande Rue, Village of Saint Michael's Mount, Normandy, France

Menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO

Dari berbagai arsitektur bangunan di pulau tersebut, salah satu tempat yang paling menonjol adalah biara yang menginspirasi kastel dalam film Disney, Tangled.

Melansir dari The Sun, Pulau Mont Saint Michel telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1979 karena keunikannya.

Baca juga:

Pulau ini menarik minat banyak wisatawan asing. Per tahunnya, Mont Saint Michel dikunjungi lebih dari tiga juta wisatawan.

Meskipun jumlah kunjungan wisatawan cukup tinggi, hanya sekitar 30 orang yang benar-benar tinggal di Pulau Mont Saint Michel.

Sebagian besar dari mereka merupakan biarawan dan biarawati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com