Kompas.com - 12/12/2021, 17:15 WIB
Ilustrasi Jerman - Kastil Neuschwanstein. PIXABAYIlustrasi Jerman - Kastil Neuschwanstein.

KOMPAS.com – Pemerintah Jerman menghapus lima negara dari Daftar Negara Berisiko Tinggi Covid-19 per 12 Desember 2021.

Melansir Schengenvisainfo.com, Jumat (10/12/2021), negara-negara itu adalah Armenia, Iran, Mongolia, Filipina, dan Romania.

Kebijakan ini memungkinkan pelancong dari lima negara tersebut untuk berkunjung ke Jerman. Namun, hanya mereka yang sudah divaksin atau sembuh dari Covid-19 saja yang boleh melakukan perjalanan.

Baca juga:

Tidak hanya itu, para pelancong dari negara-negara tersebut juga dikecualikan dari aturan karantina wajib yang diterapkan Jerman.

Sementara itu, aturan ketat masih diterapkan untuk pelancong yang belum divaksin atau belum sembuh dari Covid-19 yang tiba dari salah satu negara di atas.

Mereka hanya diizinkan berkunjung ke Jerman untuk perjalanan esensial jika mengikuti aturan yang ada, misalnya tes Covid-19 dan karantina wajib.

Ilustrasi JermanDok. Pixabay Ilustrasi Jerman

Daftar Negara Berisiko Tinggi Covid-19 milik Jerman

Saat ini, Daftar Negara Berisiko Tinggi Covid-19 milik Jerman tidak memiliki daftar negara baru yang dimasukkan.

Namun saat ini daftar itu masih mencakup Swiss, Polandia, Liechtenstein, dan beberapa negara Uni Eropa (UE) atau Area Schengen lainnya seperti Kroasia, Belgia, Yunani, Latvia, Lithuania, Austria, Slowakia, Ceko, dan Hungaria.

Baca juga:

Seluruh pelancong dari negara-negara tersebut harus mengisi formulir kedatangan secara digital. Pelancong yang belum divaksin atau sembuh dari Covid-19 harus karanina wajib selama sepuluh hari saat kedatangan.

“Pelancong yang sebelumnya tinggal di area berisiko tinggi Covid-19 harus memiliki sertifikat tes, vaksin, atau telah sembuh dari Covid-19. Jika menggunakan kendaraan, tunjukkan bukti tujuan transportasi,” kata pihak Jerman, melansir Schengenvisainfo.com.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.