Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jerman Hapus 5 Negara dari Daftar Negara Berisiko Tinggi Covid-19

Kompas.com - 12/12/2021, 17:15 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pemerintah Jerman menghapus lima negara dari Daftar Negara Berisiko Tinggi Covid-19 per 12 Desember 2021.

Melansir Schengenvisainfo.com, Jumat (10/12/2021), negara-negara itu adalah Armenia, Iran, Mongolia, Filipina, dan Romania.

Kebijakan ini memungkinkan pelancong dari lima negara tersebut untuk berkunjung ke Jerman. Namun, hanya mereka yang sudah divaksin atau sembuh dari Covid-19 saja yang boleh melakukan perjalanan.

Baca juga:

Tidak hanya itu, para pelancong dari negara-negara tersebut juga dikecualikan dari aturan karantina wajib yang diterapkan Jerman.

Sementara itu, aturan ketat masih diterapkan untuk pelancong yang belum divaksin atau belum sembuh dari Covid-19 yang tiba dari salah satu negara di atas.

Mereka hanya diizinkan berkunjung ke Jerman untuk perjalanan esensial jika mengikuti aturan yang ada, misalnya tes Covid-19 dan karantina wajib.

Ilustrasi JermanDok. Pixabay Ilustrasi Jerman

Daftar Negara Berisiko Tinggi Covid-19 milik Jerman

Saat ini, Daftar Negara Berisiko Tinggi Covid-19 milik Jerman tidak memiliki daftar negara baru yang dimasukkan.

Namun saat ini daftar itu masih mencakup Swiss, Polandia, Liechtenstein, dan beberapa negara Uni Eropa (UE) atau Area Schengen lainnya seperti Kroasia, Belgia, Yunani, Latvia, Lithuania, Austria, Slowakia, Ceko, dan Hungaria.

Baca juga:

Seluruh pelancong dari negara-negara tersebut harus mengisi formulir kedatangan secara digital. Pelancong yang belum divaksin atau sembuh dari Covid-19 harus karanina wajib selama sepuluh hari saat kedatangan.

“Pelancong yang sebelumnya tinggal di area berisiko tinggi Covid-19 harus memiliki sertifikat tes, vaksin, atau telah sembuh dari Covid-19. Jika menggunakan kendaraan, tunjukkan bukti tujuan transportasi,” kata pihak Jerman, melansir Schengenvisainfo.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com