Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Syarat Wisata ke Kebun Binatang Ragunan yang Tetap Buka Saat Nataru

Kompas.com - 13/12/2021, 13:17 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Taman Margasatwa Ragunan (TMR) di Jakarta Selatan tetap buka selama Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

Sebelumnya TMR sempat dikabarkan akan tutup sementara pada 24 Desember 2021 - 2 Januari 2022 lantaran adanya PPKM Level 3. Kebijakan tersebut rencananya akan diberlakukan serentak di seluruh Indonesia saat Nataru. 

Namun, sebagaimana diberitakan Kompas.com pada Selasa (7/12/2021), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan bahwa rencana PPKM Level 3 selama Nataru tersebut resmi ditiadakan.

“Tadi di rapat terbatas (ratas) diputuskan, ini harus ada penyesuaian bahasa yakni bukan PPKM Level 3 tapi peraturan khusus kegiatan yang berkaitan dengan Nataru (Natal dan Tahun Baru). Tidak ada PPKM Level 3,” kata dia dalam Weekly Press Briefing di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (6/12/2021).

Baca juga:

Maka dari itu, tempat wisata tetap akan diizinkan beroperasi selama periode Nataru, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Melansir unggahan Instagram Taman Margasatwa Ragunan, Sabtu (11/12/21), berikut sejumlah syarat dan ketentuan yang wajib ditaati oleh pengunjung TMR:

  • Wajib mendaftar online H-1 kunjungan melalui link bit.ly/PesantiketTMR (transaksi pembayaran tetap dilakukan di loket).
  • Wajib sudah bervaksin Covid-19 minimal dosis pertama.
  • Wajib melakukan check-in dan check-out via aplikasi PeduliLindungi. Scan kode QR PeduliLindungi dilakukan per orang.
  • Wajib mengenakan masker dan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku selama berada di kawasan Taman Margasatwa Ragunan.
  • Wajib mengikuti aturan pembatasan jumlah kunjungan dengan kapasitas 25 persen dan jam operasional.
  • Warga dengan KTP luar DKI Jakarta sudah diperbolehkan berkunjung.
  • Tidak ada batasan usia dan diperbolehkan untuk ibu hamil

Baca juga: Berkunjung ke Kebun Binatang Ragunan Saat Musim Hujan? Ini Tipsnya

Jam operasional dan ganjil genap Kebun Binatang Ragunan

Jam operasional TMR adalah Selasa - Minggu, pukul 07.00 WIB - 14.30 WIB. Tempat wisata tersebut tutup setiap hari Senin. 

Aturan ganjil genap untuk kendaraan yang akan masuk ke TMR juga berlaku pada akhir pekan. 

Pada hari Jumat, aturan ganjil genap akan diterapkan pukul 12.00 WIB - 18.00 WIB. Sedangkan pada hari Sabtu hingga Minggu, kebijakan ganjil genap berlaku pukul 07.00 WIB - 14.30 WIB. 

Baca juga: Hewan Favorit Pengunjung Kebun Binatang Ragunan

Sejumlah pengunjung sedang menikmati suasana di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, Sabtu (23/10/2021).ANTARA/Sihol Hasugian Sejumlah pengunjung sedang menikmati suasana di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, Sabtu (23/10/2021).

Cara daftar online untuk wisata ke Taman Margasatwa Ragunan

Wisatawan yang ingin menghabiskan waktu di TMR bisa mendaftar H-1 sebelum kunjungan. Panduan mendaftarnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka tautan bit.ly/PesantiketTMR. Tautan tersebut bisa diakses sehari sebelum waktu berkunjung. 
  2. Isi data diri dengan menyertakan nama lengkap, nomor KTP, e-mail, nomor ponsel, dan apakah sudah memperoleh vaksinasi Covid-19. Harap diperhatikan bahwa satu pendaftaran maksimal untuk lima orang. 
  3. Bukti pendaftaran akan dikirim ke email yang telah dimasukkan sebelumnya. Wisatawan dianjurkan menunggu karena e-mail tidak akan langsung terkirim. 
  4. Tunjukkan bukti pendaftaran atau KTP yang digunakan saat mendaftar jika e-mail belum diterima sampai hari kunjungan. 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com