Kompas.com - 13/12/2021, 18:22 WIB

KOMPAS.comDesa Wisata Nglanggeran, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terpilih mewakili Indonesia dalam ajang Desa Wisata Terbaik atau Best Tourism Village. Ajang ini digagas Organisasi Pariwisata Dunia di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNWTO).

Gelaran Best Tourism Village diadakan untuk mencari desa percontohan yang berhasil mengembangkan pariwisata dengan memberdayakan komunitas masyarakat setempat sekaligus melestarikan tradisi dan warisan lokal.

Dalam ajang tersebut, UNWTO memilih desa terbaik berdasarkan inovasi dan transformasi pariwisata yang telah dilakukan. Inovasi ini disesuaikan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Ajang Best Tourism Village juga bertujuan memaksimalkan kontribusi desa wisata dan mengurangi kesenjangan di pedesaan.

(Baca juga: Tawangmangu Jadi Destinasi Wisata Kesehatan di Indonesia)

Adapun desa wisata yang lolos seleksi dan evaluasi UNWTO akan memperoleh predikat UNWTO Best Tourism Villages Label.

Dengan label itu, desa wisata terpilih akan mendapatkan pengakuan internasional sebagai contoh praktik terbaik destinasi wisata pedesaan.

Untuk diketahui, selain Desa Wisata Nglanggeran, desa wisata lain yang juga terpilih mewakili Indonesia dalam ajang Best Tourism Village. Kedua desa ini adalah Desa Wisata Tetebatu di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Desa Wisata Wae Rebo di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Desa wisata mandiri inspiratif

Pemilihan ketiga desa wisata tersebut telah melalui proses seleksi yang panjang seleksi dan evaluasi oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf).

Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) yang diraih ketiga desa tersebut merupakan gerbang utama dalam seleksi Best Tourism Village.

Selain keindahan alam, kandidat Best Tourism Village juga dipilih berdasarkan inovasi yang dilakukan.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.