Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan Sambil Tidur di Kereta? Ini Rekomendasi Sleeper Train di Dunia

Kompas.com - 13/12/2021, 21:32 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berlibur dari satu tempat ke tempat yang lain bisa dilakukan dengan naik kereta.

Berwisata dengan naik sleeper train atau kereta tidur menawarkan pengalaman  berbeda, termasuk untuk mereka yang suka menikmati pemandangan dari luar jendela.

Untuk diketahui, dikutip dari Kompas.com, Minggu (10/11/2013) kereta tidur adalah jenis kereta yang tempat duduknya dibuat menyerupai tempat tidur.

Baca juga: Seperti Apa Sleeper Train dari KAI?

Banyak kereta api tidur yang mewah dan memiliki fasilitas lengkap, di antaranya kursi yang nyaman, makanan yang lezat, hingga pelayan khusus. Salah satunya adalah Orient Express

Jika kamu tertarik melakukan perjalanan sambil melihat pemandangan dan istirahat satu malam, berikut beberapa rekomendasi kereta tidur di dunia, melansir dari Lonely Planet (9/12/2021).

1. Hanoi menuju Kota Ho Chi Minh, Vietnam

Kereta ini dijuluki Reunification Express saat kembali beroperasi setelah Perang Vietnam berakhir. 

Kini, jalur perlintasan kereta api yang dilewati Reunification Express merupakan jalur vital yang melayani arus transportasi antara dua kota utama di Vietnam, Hanoi dan Kota Ho Chi Minh.

Ilustrasi PIXABAY/Quangpraha Ilustrasi

Kereta Reunification Express melintasi perjalanan sejauh 1.726 kilometer (km) dengan durasi sekitar 35 jam. Para penumpang bisa puas menikmati pemandangan Vietnam, di antaranya kota, sawah, bukit, dan Laut China Selatan. 

Tak hanya itu, penumpang bisa merasakan suasana kilas balik penciptaan jalur kereta api bersejarah ini, seperti dilaporkan dari Kompas.com. 

Baca juga: Perjalanan Melankoli “Reunification Express” dalam 36 Jam

Ada beberapa pilihan tempat duduk dengan variasi harga sesuai fasilitas dan tujuan. Mulai dari termurah dengan nama Hard Seat, hingga termahal atau VIP Cabin dengan harga tertinggi sekitar Rp 951.000.

2. Chicago menuju San Francisco, Amerika

Pada 1869, jalur kereta ini adalah yang pertama menghubungkan Atlantik dan Pasifik.  Dalam waktu dua hari lebih, kamu bisa menaiki kereta California Zephyr, lalu melintasi ngarai, gurun, pegunungan salju, sampai terowongan.

California Zephyr ExpressShutterstock/Let Go Media California Zephyr Express

Beberapa objek terkenal yang bisa ditemukan sepanjang perjalanan di antaranya Sungai Mississippi, Gunung Rocky, Kuil Mormon, Sungai Missouri, dan lain-lain. 

Jika berminat, calon penumpang hendaknya memesan tiket online lebih awal untuk ketersediaan dan tawaran harga terbaik.

3. Kapiri Mposhi menuju Dar es Salaam, Zambia dan Tanzania

Ingin naik kereta sambil bersafari? Kereta api Tazara ini melintasi sungai, ngarai, dan hamparan alam luas yang dipenuhi satwa liar. Jadi, kamu bisa saja bertemu gajah, badak, singa, atau hewan lainnya dari jendela kereta.

Seeing The African Wilderness From The Train Tazara, Tanzania ZambiaShutterstock/Mithrax Seeing The African Wilderness From The Train Tazara, Tanzania Zambia

Sayang, tiket kereta api Tanzara tidak bisa dibeli melalui online, kecuali dengan menghubungi langsung kontak pengelola di laman resminya. Pertanyaan seputar reservasi tiket hanya dilayani selama jam kerja yaitu dari Senin hingga Jumat, pukul 7.30-17.00 waktu setempat. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com