Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tempat Wisata di Sumatera Barat Tetap Buka Saat Libur Nataru

Kompas.com - 14/12/2021, 19:05 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Tempat wisata di Sumatera Barat (Sumbar) tetap buka saat libur Natal 2021 dan tahun baru 2022 (Nataru).

Pembukaan tersebut dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan pengawasan dari masing-masing kabupaten/kota. 

"PPKM Level 3 tidak jadi dilaksanakan, (oleh) karena itu tempat wisata di Sumbar masih bisa dibuka. Tetapi harus menerapkan protokol kesehatan ketat," kata Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Barat, Novrial, dikutip dari Antara, Selasa (14/12/2021).

Baca juga:

Ia menambahkan, walau pengawasan diserahkan kepada masing-masing kabupaten/kota, pihaknya akan meninjau beberapa destinasi wisata yang dinilai rawan. 

Novrial optimis bahwa potensi penyebaran pandemi Covid-19 bisa diminimalisasi dengan koordinasi yang baik dan kepedulian semua pihak.

Ia juga menegaskan, perayaan tahun baru di tempat wisata tidak diperbolehkan karena berisiko menimbulkan kerumunan.

"Berwisata boleh, tapi tidak dibenarkan adanya kerumunan. Karena itu perayaan tahun baru di tempat wisata tidak direkomendasikan," katanya.

Sebagai informasi, kebijakan PPKM Level 3 serentak selama libur Nataru dibatalkan. 

Baca juga:

“Tadi di rapat terbatas (ratas) diputuskan, ini harus ada penyesuaian bahasa yakni bukan PPKM Level 3 tapi peraturan khusus kegiatan yang berkaitan dengan Nataru (Natal dan Tahun Baru). Tidak ada PPKM Level 3,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam Weekly Press Briefing di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (6/12/2021).

Menurut Sandiaga, meski kebijakan tersebut ditiadakan, tetap ada aturan khusus Nataru yang tercantum pada Surat Edaran (SE) tentang Aktivitas Usaha dan Destinasi Pariwisata Pada Saat Perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. 

Dilansir dari Kompas.com, Selasa (7/12/2021), SE tersebut ditujukan untuk Gubernur, Bupati, Wali Kota, Kedua Asosiasi Usaha Pariwisata dan Pelaku Usaha Pariwisata, serta Ketua Asosiasi Bioskop. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com