Kompas.com - 14/12/2021, 20:04 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menargetkan sekitar 147.000 wisatawan selama libur Natal 2021 dan tahun baru (Nataru) ada 24 Desember 2021 - 2 Januari 2022 mendatang.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Harry Sukmono menyampaikan, selama libur Nataru target kunjungan wisata sebanyak 147.715 orang, sedangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebanyak Rp 1,2 miliar.

"Kita optimis target itu akan dicapai," kata Harry saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (14/12/2021).

Baca juga:

Ia menjelaskan bahwa pada tahun 2021, kunjungan wisatawan ke Gunungkidul mencapai 1.497.106 orang, dengan PAD sebanyak Rp 10.728.609.374.

Dia mengakui capaian belum bisa memenuhi target PAD yang dibebankan Pemerintah Kabupaten pada tahun 2021 sebesar Rp 12.000.042.000.

Suasana Pantai Drini, Gunungkidul Selasa (14/12/2021)KOMPAS.COM/MARKUS YUWONO Suasana Pantai Drini, Gunungkidul Selasa (14/12/2021)

Selama libur Nataru, sebanyak 383 personel dari TNI/Polri, Dinas Kesehatan, Dinas Pariwisata, hingga dari Kalurahan akan disiapkan untuk menyambut kunjungan wisata.

"Wisatawan harus melakukan scan Aplikasi PeduliLindungi dan juga (menerapkan) protokol kesehatan ketat," kata Harry.

Harry mengatakan, selama libur Nataru pihaknya akan tetap melakukan skrining awal untuk angkutan wisatawan di Terminal Semin, dan Kawasan Rest Area Bunder, Playen.

"Pos penyekatan ini berfungsi agar wisatawan mempersiapkan aplikasi PeduliLindungi sehingga saat masuk (TPR) tidak terjadi antrean kendaraan," ucapnya. 

Baca juga:

Salah seorang pengelola Kano di Pantai Drini, Suparno, mengaku tingkat kunjungan sudah cukup baik sejak pantai dibuka beberapa bulan lalu.

"Untuk (tingkat) kunjungan sudah cukup normal sejak pantai dibuka, semoga tidak ada penutupan lagi," ujarnya.

Dia menambahkan bahwa ada lima unit kano yang setiap hari disewakan untuk wisatawan.

"Lumayan setiap hari ada yang naik, untuk akhir pekan atau hari libur cukup lumayan," kata Suparno.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.