Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Melukat, Ritual Penyucian yang Dijalani Ariel Tatum di Bali

Kompas.com - 16/12/2021, 08:06 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Artis peran Ariel Tatum baru saja melakukan Melukat, ritual pembersihan atau penyucian diri dengan air suci di Bali.

Melalui foto di akun Instagram resminya, ia menuliskan bahwa ritual ini dapat membuat pikiran, tubuh, dan jiwanya terhubung kembali.

To be able to reconnect with my mind, body, and spirit has been such a tiring, mind-blowing, yet amazing experience that I wouldn't trade for everything else in the world (Untuk bisa terhubung lagi dengan pikiran, tubuh, dan jiwaku adalah sebuah pengalaman yang melelahkan, menakjubkan tapi luar biasa hingga aku tidak akan menukarnya dengan hal lain di dunia),” tulis Ariel dikutip pada Rabu (15/12/2021).

Baca juga: Melukat, Tradisi Umat Hindu di Bali dan Wisata Spiritual

Melukat sebagai wisata spiritual

Ritual penyucian melukat di Pura Tirta Sudamala, Bangli, BaliShutterstock/Khun Ta Ritual penyucian melukat di Pura Tirta Sudamala, Bangli, Bali

Melukat merupakan kegiatan religi yang termasuk salah satu tradisi dalam ajaran Hindu di Bali. Selain itu, Melukat juga bisa menjadi wisata spiritual yang dapat dilakukan oleh siapapun.

Umat Hindu di Bali meyakini bahwa ritual ini memiliki makna membersihkan jiwa dari hal-hal negatif, di antaranya kecemasan, mimpi buruk, dan lainnya.

“Sejak dulu, masyarakat Bali sudah biasa melakukan ritual Melukat ini. Lalu kemudian, wisata spiritual Melukat menjadi ramai di kalangan wisatawan lima tahun terakhir,” kata Guru Besar Universitas Udayana I Gde Pitana, kepada Kompas.com, Rabu (15/12/2021).

Baca juga:

Pembersihan diri ini menggunakan media air yang dianggap suci.

Menurut Pitana, ada beberapa tempat yang bisa dijadikan lokasi Melukat, antara lain di sungai, mata air, pura, laut, pancuran, hingga air yang dibuat oleh pendeta Hindu di rumahnya.

Ia menambahkan, beberapa wisatawan yang telah menjalani ritual ini mengatakan bahwa mereka tidak hanya merasakan pengalaman spiritual yang unik, tapi juga menjadikan tubuh serta pikiran terasa lebih segar.

Ada beberapa tempat melukat yang cukup populer di kalangan wisatawan.

Di antaranya adalah Pura Tirta Empul di Kecamatan Tampaksiring, Pura Beji Dalem Pingit di Kecamatan Tegalalang, dan Pura Mengening di Kecamatan Tampaksiring.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com