Kompas.com - 16/12/2021, 09:09 WIB

KOMPAS.com – Kebanyakan orang yang melakukan penerbangan bisa jadi tak begitu memperhatikan boarding pass miliknya. 

Setelah masuk ke dalam pesawat, penumpang cukup sering membuang boarding pass atau lupa di mana meletakkannya. 

Padahal, menyimpan boarding pass merupakan suatu hal penting. Berikut ini alasannya mengapa selembar kertas tersebut tidak disarankan untuk dibuang, dilansir dari Reader’s Digest, Rabu (15/12/2021). 

Pentingnya boarding pass

Kebanyakan penumpang pesawat mungkin menganggap boarding pass hanya sebagai secarik kertas yang memuat nomor kursi. Namun, sebenarnya boarding pass memiliki lebih banyak informasi. 

Baca juga: Bukan karena Estetika, Ini Alasan Jendela Pesawat Berbentuk Oval

Sebagian orang bisa jadi tidak menyadari bahwa Google bisa melacak semua aktivitas kita, dan boarding pass juga memiliki banyak sekali informasi pribadi yang dikodekan di dalamnya. 

Masalahnya, maskapai bukan satu-satunya yang bisa memindai barcode di boarding pass. Aplikasi biasa di smartphone yang bisa di-download secara gratis pun bisa melakukannya. 

Bila data pribadi sampai dipindai orang yang tidak bertanggung jawab, hal itu akan sangat berbahaya karena seluruh data penting bisa dengan mudah diakses. 

Ilustrasi pesawatDok. Pexels/ Sourav Mishra Ilustrasi pesawat

Email, nomor telepon, dan alamat bisa dengan mudah diketahui orang lain. Bahkan jika diretas, empat nomor terakhir kartu kredit bisa juga disalahgunakan. 

Hal berbahaya lain yang bisa dilakukan peretas adalah menelepon dengan berpura-pura menjadi pihak maskapai penerbangan dan melakukan penipuan. 

Baca juga: Jangan Lupa Bawa 5 Benda Ini Saat Naik Pesawat agar Mudah dan Tak Ribet

Untuk menghindari hal buruk tersebut, alangkah baiknya menyimpan boarding pass dan tidak membuangnya sembarangan atau meninggalkan di tempat umum.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.