Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taman Denbukit Camping Ground di Bali, Asyiknya Kemah dengan Panorama Danau

Kompas.com - 16/12/2021, 10:10 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Taman Denbukit merupakan salah satu tempat wisata untuk camping dan glamour camping (glamping) di Bali. Uniknya, sambil berkemah pengunjung bisa menikmati pemandangan Danau Buyan di depannya.

Area Taman Denbukit ini juga sangat luas, sehingga banyak kegiatan yang ditawarkan, seperti memancing, tempat bermain, dan outbond.

Baca juga: 6 Destinasi Wisata Dunia yang Cocok untuk Solo Traveling, Ada Bali

“Luas Taman Denbukit sekitar 2 hektar. Selain yang datang mandiri, kita sering handle rombongan, bisa 200 sampai 500 orang. Perusahaan, organisasi, komunitas, mahasiswa, pernah juga sekolah dari Denpasar datang,” kata pemilik Taman Denbukit, Anak Agung Satrya kepada Kompas.com, Selasa (14/12/2021).

Selain memiliki panorama Danau Buyan, Taman Denbukit berada di antara perbukitan yang hijau dan asri.  Suasana berkemah akan terasa sejuk pada siang hari dan dingin saat malam hingga pagi hari.

Kegiatan dan fasilitas di Taman Denbukit

Tak hanya camping di tenda, pengunjung juga bisa melakukan glamour camping atau glamping di rumah kayu yang estetik. Kegiatan yang menjadi incaran pengunjung ini bisa dilakukan dengan harga terjangkau.

Bagi yang ingin membawa tenda sendiri, biayanya adalah Rp 25.000-Rp 35.000 per orang. Harga sewa tenda untuk kapasitas dua orang adalah Rp 150.000. Untuk tenda kapasitas empat orang, harga sewanya Rp250.000.

Penampakan dari dalam tenda di Taman Denbukit BaliDok. Taman Denbukit Camping Ground Penampakan dari dalam tenda di Taman Denbukit Bali

Untuk glamping di rumah kayu, tarif per malamnya adalah Rp 350.000. Harga penyewaan ini sudah termasuk perlengkapan, seperti matras, bantal, selimut, dan sleeping bag. Ada pula listrik dan lampu penerangan di rumah kayu.

Selain tempat menginap, Taman Denbukit menyediakan 21 toilet bersih, bahkan air panas untuk mandi. Semua peralatan berkemah juga bisa dipakai oleh pengunjung, mulai dari kayu bakar, alat pemanggang untuk barbekyu, dan tikar.

Baca juga: 4 Aktivitas Wisata di Bukit Pengilon Yogyakarta, Bisa Kemah dan Foto

Jika tetap ingin merasakan sensasi wisata alam tanpa berkemah, pengunjung bisa sekedar piknik atau membawa bahan makanan sendiri untuk dimasak di sana.

Taman Denbukit, awalnya lahan milik pribadi

Ramai di media sosial belakangan ini, Taman Denbukit ternyata sudah didirikan sejak sekitar enam tahun lalu, yaitu pada 2014.

“Dulu pas 2014, wisata camping di Bali masih jarang. Taman Denbukit sudah dibuat, tapi belum seramai sekarang. Tapi saat itu karena orang-orang ada aja yang nyari, jadi bisa ketemu dan akhirnya dikenal dari mulut ke mulut,” jelas Agung.

Api unggun saat malam hari di perkemahan Taman Denbukit BaliDok. Taman Denbukit Camping Ground Api unggun saat malam hari di perkemahan Taman Denbukit Bali

Agung melanjutkan bahwa awalnya lokasinya merupakan lahan pertanian biasa yang ditumbuhi tanaman. Namun karena terlalu sering diberibahan kimia, lahan menjadi tercemar. Agung pun memutuskan untuk berhenti sejenak.

Baca juga: 10 Tempat Wisata Pantai Tersembunyi di Bali, Indah dan Sepi

Saat tidak ditanami, ia sering mengajak teman-temannya di komunitas motor dan mobil untuk berkunjung. Kemudian, lama-kelamaan lahan tersebut dianggap sesuai untuk kumpul dan berkegiatan.

Berbagai fasilitas mulai dibangun, sampai Agung melihat ada peluang tempat wisata camping yang unggul dari segi lahan luas dan pemandangan bukit. 

“Kami mulai tanam pohon, bangun toilet, restoran, dan fasilitas lain. Kami juga berusaha melengkapi fasilitas yang sekiranya masih kurang di tempat camping secara umum. Selain itu, berusaha memperbaiki lahan tanah yang sempat rusak,” papar dia.

Baca juga: Kebun Teh Wonosari Malang, Camping Bermalam di Tengah Kebun Teh

Taman Den Bukit berlokasi di Jalan Sugriwa Dasong Pancasari, Buleleng, Begudul, Bali.  Wisata ini dibuka setiap hari pukul 08.00 WITA hingga 17.00 WITA. Namun, bagi yang ingin memesan tenda, masih bisa hingga pukul 22.00 WITA. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com