Kompas.com - 16/12/2021, 21:01 WIB
Ilustrasi Bandara Sultan Hasanuddin. SHUTTERSTOCK/M RINANDAR TASYAIlustrasi Bandara Sultan Hasanuddin.

KOMPAS.com - Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar kembali beroperasi 24 jam.

Dalam upaya memulihkan kembali trafik penerbangan, sejumlah komunitas bandara seperti AirNav, Otoritas Bandara Wilayah V Makassar, maskapai, dan ground handling telah menyepakati kebijakan ini sejak 10 Desember lalu.

Kebijakan operasional bandara menjadi 24 jam diharapkan dapat membantu meningkatkan trafik penerbangan di beberapa bandara di Wilayah Tengah dan Timur Indonesia.

"Saat ini rata-rata penumpang telah naik 1.000 penumpang per hari dari sebelumnya. Kami optimis kondisi penerbangan akan semakin membaik kedepannya."

Demikian diungkapkan oleh Wahyudi, General Manager Bandara Internasional Sultan Hasanuddin melalui siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (16/12/2021).

Baca juga: 5 Hal Ini Tidak Dapat Dilakukan Lagi Saat Naik Pesawat sejak Pandemi Covid-19

Sejak diberlakukannya operasional bandara selama 24 jam, dilaporkan terjadi kenaikan penumpang sekitar 7 persen, dengan rata-rata 25.000 penumpang per hari dari sebelumnya.

Menurut data, dalam lima hari sebelum penerapan operasional 24 jam ini, jumlah penumpang hanya 118.706 orang.

Sementara, dalam lima hari setelah pemberlakuan kebijakan 24 jam operasional, terjadi kenaikan hingga jumlah penumpang mencapai 127.297 orang.

Peningkatan ini juga diiringi dengan jumlah pergerakan pesawat yang naik sekitar 4 persen.

Diinformasikan ada sekitar 1.068 pergerakan sebelum penerapan operasional 24 jam, dan 1.114 pergerakan pesawat setelah penerapan operasional 24 jam.

Di sisi lain, penumpang transit dapat menunggu penerbangan selanjutnya di area bandara yang telah disediakan.

Beberapa fasilitas penunjang, seperti pengemasan bagasi dan tenant makanan juga akan menyesuaikan jam operasional terbaru saat ini.

Baca juga:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.