Kompas.com - 17/12/2021, 08:01 WIB

KOMPAS.com - Hotel-hotel di Jakarta saat ini mulai terisi.

Bahkan, belum lama ini Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyebut hotel di Jakarta sebagian besar sudah penuh.

Menurutnya, saat ini keyakinan konsumen sudah mulai pulih dan belanja masyarakat juga sudah berada di atas tingkat sebelum pandemi.

"Ini saya rasa menggembirakan. Kalau Anda cek hotel di Jakarta sekarang, hampir penuh atau mungkin penuh," kata Luhut, seperti dikutip Kompas.com, Kamis (16/12/2021).

Baca juga: Jelang Nataru Penginapan di Jakarta Penuh, Luhut: Tamu Kami dari Tiongkok, Investor Besar, Enggak Dapat Hotel

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) berpendapat sama.

Sekretaris Jenderal PHRI, Maulana Yusran menyebutkan beberapa hal yang menyebabkan tingkat okupansi hotel di Jakarta meningkat, antara lain:

  • Semakin banyak kegiatan digelar di hotel

Menurutnya, sejak kuartal IV, kegiatan-kegiatan pemerintah mulai kembali digelar di hotel-hotel.

Peningkatan kegiatan tersebut mulai terjadi sejak dilonggarkannya mobilitas masyarakat untuk beraktivitas di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh pemerintah.

"Biasanya kegiatan yang dilakukan pemerintah ada, sebelum Covid. Itu tidak ada di 2020, baru ada di 2021."

"Berarti peningkatan okupansi di kuartal IV salah satunya adalah kegiatan pemerintah itu. Belum lagi ditambah kegiatan-kegiatan lainnya," kata Maulana kepada Kompas.com, Kamis (16/12/2021).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.