Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Spot Wisata di Gunung Telomoyo, Bisa Foto-foto Keren sampai Flying Fox

Kompas.com - 17/12/2021, 13:09 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.comGunung Telomoyo yang ada di perbatasan Kabupaten Semarang dan Kabupaten Magelang, memang menjadi data tarik wisatawan.

Keindahan panorama dari ketinggian yang bisa dijangkau dengan mudah membuat banyak orang datang ke Gunung Telomoyo.

Namun, tujuan wisata di Gunung Telomoyo ternyata tidak hanya puncaknya. Ada beberapa spot wisata yang bermunculan.

Baca juga: Berita Foto: Indahnya Gunung Telomoyo yang Berkalung Jalan Aspal

Berikut ini 4 spot wisata di Gunung Telomoyo, Jawa Tengah:

1. Dek kaca Awang-awang Sky View Telomoyo

Spot pertama adalah Awang-awang Sky View Telomoyo. Tempat ini adalah semacam spot foto seperti gardu pandang. Wisatawan akan berada di dek kaca untuk menikmati indahnya panorama alam.

Tempat wisata bernama Awang Awang Sky View di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.dok. Awang Awang Sky View Tempat wisata bernama Awang Awang Sky View di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Dilansir dari Kompas.com, Jumat (21/5/2021), wisatawan bisa menyaksikan indahnya pemandangan Gunugn Merbabu, Andong, Sumbing, dan Sindoro.

2. Inggil Telomoyo dengan aktivitas flying fox

Jika kurang puas dengan aktivitas foto-foto, wisatawan bisa melakukan aktivitas lain, yakni menjajal zipeline gantole di Inggil Telomoyo. Lokasinya menjelang puncak.

Inggil Telomoyo, wahana flying fox di Gunung Telomoyo.Dok. Inggil Telomoyo Inggil Telomoyo, wahana flying fox di Gunung Telomoyo.

Zipeline gantole adalah semacam flying fox. Wisatan akan meluncur dengan posisi seperti naik gantole. Mereka akan merasa seperti terbang di langit.

Kompas.com, Senin (15/11/2021) memberitakan bahwa wisatawan yang menunggu akan disuguhi dengan olahan kopi khas Telomoyo, yakni Kopi Sepakung.

3. Taman Langit Telomoyo

Taman Langit adalah spot wisata baru yang ada di kawasan puncak Gunung Telomoyo. Hampir sama seperti Awang-awang Sky View, terdapat dek yang menjorok ke langit.

Taman Langit Gunung Telomoyo dengan latar belakang Gunung Ungaran.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Taman Langit Gunung Telomoyo dengan latar belakang Gunung Ungaran.

Wisatawan bisa menyaksikan beberaoa gunung di Jawa Tengah, seperti Sindoro, Sumbing, Prau, dan Ungaran.

Dilansir dari Kompas.com, Sabtu (13/11/2021), ke depan di Taman Langit Telomoyo juga akan dibangun kafe spesial kopi gunung.

4. Camping ground di puncak Telomoyo

Wisatawan bisa bermalam di kawasan puncak Gunung Telomoyo dengan cara camping atau berkemah.

Gunung Telomoyo dengan latar belakang Gunung Merbabu.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Gunung Telomoyo dengan latar belakang Gunung Merbabu.

Area camping ada di sisi timur puncak. Wisatawan bisa menjangkaunya dengan jalan kaki dari bawah atau berjalan dekat dari area parkir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com