Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UNESCO Tetapkan Songket Malaysia sebagai Warisan Budaya Tak Benda

Kompas.com - 17/12/2021, 16:50 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO) resmi menetapkan songket Malaysia sebagai Warisan Budaya Tak Benda.

Penetapan songket Malaysia dilakukan dalam sidang UNESCO sesi ke-16 Intergovernmental Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage, pada 15 Desember 2021 di Paris, Perancis.

"Songket adalah kain tenunan tangan Malaysia, yang dibuat dengan alat tenun tradisional dnegan dua pedal lantai."

"Teknik tenun dekoratif yang digunakan untuk membuat kain memerlukan penyisipan benang emas atau perak di antara benang dasar sehingga tampak melayang di atas latar belakang anyaman yang berwarna-warni," tulis UNESCO dalam laman resminya, seperti dikutip Kompas.com, Jumat (17/12/2021).

Berasal dari abad ke-16, teknik ini diturunkan dari ibu ke anak perempuannya melalui pelatihan formal. Sementara, laki-laki berpartisipasi menciptakan peralatan tenun.

Songket Malaysia biasa digunakan sebagai pakaian tradisional untuk upacara, pesta, dan acara resmi kenegaraan.

Baca juga:

Terkait penetapan ini, beberapa media lokal di Malaysia memberitakannya.

Malay Mail, misalnya, membahas mengenai songket Malaysia sebagai Warisan Budaya Tak Benda keenam yang masuk ke dalam daftar UNESCO.

Menurut Kementerian Pariwisata, Seni, dan Budaya Malaysia (Motac), masuknya songket ke dalam penetapan UNESCO dapat membantu meningkatkan kesadaran untuk melindungi budaya Malaysia serta mendorong masyarakat untuk mempelajari seni budaya.

“Pengakuan oleh UNESCO ini bisa meningkatkan kesadaran untuk melestarikan warisan berbagai budaya di Malaysia."

"Serta, akan memotivasi generasi muda untuk tertarik pada tenun songket,” ujar pihaknya, seperti dilansir Malay MailJumat (17/12/2021). 

Songket merupakan kain sutra atau katun tenunan tangan dengan pola benang emas atau perak yang indah. Menurut Maily Mail, songket dapat ditemukan di Malaysia, Brunei, Indonesia, dan Singapura.

Saat ini, Malaysia memiliki enam Warisan Budaya Tak Benda dalam daftar UNESCO.

Keenam Warisan Budaya Tak Benda tersebut adalah Mak Yong (tarian tradisional Melayu), Dondang Sayang (lagu cinta Melayu), silat (seni bela diri Melayu), pantun (puisi Melayu, masuk bersama Indonesia), dan upacara Wangkang (Festival tongkang Cina untuk mengusir roh jahat).

Baca juga:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com