Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Wisata Kota Muntok, Tuan Rumah Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional 2021

Kompas.com - 18/12/2021, 10:10 WIB
Heru Dahnur ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

BANGKA, KOMPAS.com - Kota Muntok di Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung didaulat sebagai tuan rumah peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2021.

Menteri Sosial Tri Rismaharini pun telah berada di Bangka untuk mengisi rangkaian kegiatan selama dua hari, yakni 18 dan 19 Desember 2021.

Dalam kegiatan HKSN itu, sejumlah menteri, gubernur serta bupati dan wali kota ikut meramaikan acara.

Baca juga: Pantai Batu Berani di Bangka Barat, Tempat Transit dengan Suguhan Otak-otak dan Sunset

Terlepas dari acara HKSN, Kota Muntok memiliki beberapa tempat wisata. Berikut ini 6 wisata Kota Muntok yang telah Kompas.com rangkum:

1. Menara Tanjung Kalian

Menara Tanjung Kalian setinggi 56 meter ini berada di kawasan Pelabuhan Tanjung Kalian yang menghubungkan Pulau Bangka dengan daratan Sumatera, tepatnya melalui Tanjung Siapi-Api, Sumatera Selatan.

Menara Tanjung Kalian yang menjadi salah satu ikon Kota Mentok di Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung.KOMPAS.com/HERU DAHNUR Menara Tanjung Kalian yang menjadi salah satu ikon Kota Mentok di Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung.

Menara Tanjung Kalian dibangun pemerintahan kolonial Belanda tahun 1862. Bangunan menara masih berfungsi dan berdiri kokoh hingga saat ini. Menara Tanjung Kalian juga menjadi salah satu iko daerah Bangka Barat.

2. Hutan Kota Muntok

Kota Muntok ternyata punya hutan. Hutan kota seluas 2,2 hektar ini berada di kawasan unit metalurgi PT Timah Tbk.

Baca juga: Hutan Kota Muntok di Bangka Barat, Tempat Penelitian Karbon hingga Pelestarian Flora dan Fauna Langka

Keberadaan hutan ini menjadi ruang terbuka hijau untuk olahraga, penelitian pohon hingga pengamatan burung (bird watching).

3. Pantai Jerangkat

Pantai yang berada di Desa Ketap, Kecamatan Jebus ini berjarak sekitar dua jam perjalanan dari Kota Muntok. Pantai ini memiliki pemandangan alam yang masih alami.

Pantai Jerangkat di Kota Muntok.PORTAL.BANGKABARAT.go.id/INTAN INSANA Pantai Jerangkat di Kota Muntok.

Selain itu Pantai Jerangkat merupakan bagian dari geosite Diabas Penyabung dengan keunikan hamparan bebatuan metamorf. Bebatuan tersebut menjadi salah satu bukti awal terbentukanya daratan di Bangka.

4. Pesanggrahan Menumbing

Merupakan tempat peristirahatan pejabat perusahaan timah (Bangka Tin Winning) zaman pemerintahan Kolonial Belanda. Bangunan yang sekilas mirip benteng ini dibangun di puncak perbukitan Menumbing pada tahun 1927-1930.

Pesanggrahan Menumbing di Kabupaten Bangka Barat yang menjadi tempat pengasingan Bung Hatta dan tokoh bangsa lainnyaKOMPAS.com/MENTARI CHAIRUNISA Pesanggrahan Menumbing di Kabupaten Bangka Barat yang menjadi tempat pengasingan Bung Hatta dan tokoh bangsa lainnya

Pada masa agresi militer Belanda II, Pesanggrahan Menumbing sempat dijadikan tempat pengasingan Mohammad Hatta, Gafar Pringgodigdo, Mr Ass’aat, dan Commodor Suryadarma.

Kemudian, Soekarno juga pernah menyinggahi kawasan ini saat berada di pengasingan di Muntok.

Baca juga: Wisata Batu Belimbing di Bangka Selatan, Granit Berusia Jutaan Tahun

Pesanggarahan Menumbing memiliki udara yang sejuk dan dikelilingi pepohonan besar. Dari tempat ini bisa dilihat hamparan Kota Muntok dan lautan di sekelilingnya.

5. Wisma Ranggam (Pesanggrahan Muntok)

Bangunan cagar budaya ini berada di pusat Kota Muntok. Juga bagian dari bangunan yang dipugar pertama kali oleh perusahaan timah Belanda, Bangka Tin Winning.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com