Kompas.com - Diperbarui 08/06/2022, 15:03 WIB

KOMPAS.com - Kecamatan Selo di Kabupaten Boyolali memiliki cukup banyak tempat wisata yang menjadi favorit.

Daerah destinasi dengan pemandangan Gunung Merapi dan Merbabu ini memang memberikan sensasi keindahan tiada dua.

Sehingga, banyak tempat wisata yang bisa ditemukan di Selo, seperti embung, taman bunga, rumah makan, penginapan, dan sebagainya.

Berikut rangkuman enam tempat wisata di Selo Boyolali dengan pemandangan Gunung Merapi, yang cocok untuk dikunjungi saat liburan:

1. Embung Manajar

Embung ini tidak hanya bermanfaat untuk sektor pertanian dan pengelola air hujan, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk berburu foto-foto cantik.

Embung Manajar Boyolali dari udara.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Embung Manajar Boyolali dari udara.

Pengunjung bisa menemukan keindahan panorama Gunung Merapi yang menjadi latar belakang Embung Manajar. Tak hanya itu, ada Gunung Lawu yang terlihat seolah-olah melayang di angkasa.

Jarak tempuh dari Kota Boyolali adalah sekitar 20 kilometer (km) dengan waktu kurang lebih 45 menit. Pengunjung cukup membayar ojek Rp 15.000 untuk naik, Rp 10.000 untuk turun, serta Rp 5.000 untuk dana konservasi pembibitan dan penanaman di sana.

Baca juga: Embung Manajar di Boyolali yang Instagramable Berlatar Gunung Merapi

2. Bukit Sanjaya

Pemandangan utama dari Bukit Sanjaya adalah Gunung Merapi dan pedesaan di lereng. Tidak hanya spot foto berupa Pura mirip Lempuyang Bali, ada juga beberapa spot foto menarik lainnya seperti spot kereta kuda, gazebo, dan aneka patung.

Tempat wisata di Boyolali bernama Bukit Sanjaya yang menawarkan pemandangan Gunung Merapi.dok. Bukit Sanjaya Tempat wisata di Boyolali bernama Bukit Sanjaya yang menawarkan pemandangan Gunung Merapi.

Selain panorama alam yang indah, Bukit Sanjaya juga menyediakan fasilitas seperti kafe, angkringan, dan homestay dengan harga yang terjangkau. Hidangan di kafe dan angkringan mulai Rp 3.000 saja, sedangkan penginapan kurang lebih Rp 50.000 per hari.

Jam operasional Bukit Sanjaya adalah setiap hari, mulai pukul 06.00 – 18.00 WIB. Harga tiket masuknya Rp 10.000 per orang yang akan diganti dengan air mineral.

Baca juga: Bukit Sanjaya Selo, Foto di Replika Gapura Lempuyang Bali

3. Merapi Garden Boyolali

Seperti namanya, tempat wisata di Selo Boyolali ini merupakan taman bunga yang memiliki beragam jenis tanaman bunga, seperti bunga trompet, scarlet witch, hingga hortensia.

Selain itu, ada beberapa ornamen pendukung seperti kincir angin di Belanda dan sepeda kayuh yang menambah daya tarik tempat ini.

Merapi Garden di Kecamatan Selo, Boyolali.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Merapi Garden di Kecamatan Selo, Boyolali.

Tak hanya kecantikan koleksi bunganya, keindahan tempat wisata ini adalah karena latar belakangnya berupa Gunung Merapi dengan puncak yang mengeluarkan asap.

Merapi Garden berlokasi di Dusun IV, Desa Samiran, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali. Untuk menikmati pemandangan dan taman bunga yang indah, pengunjung hanya perlu membayar Rp 5.000, dengan jam buka pukul 09.00 - 17.00 WIB.

Baca juga: Merapi Garden Boyolali, Taman Bunga Indah Berlatar Gunung Merapi

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.