Kompas.com - 20/12/2021, 09:12 WIB

KOMPAS.com - Desa Margorejo di Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, ditetapkan sebagai desa wisata oleh pemerintah Kabupaten Kudus, Minggu (19/12/2021).

Penetapan ini dilakukan karena desa tersebut dikenal sebagai desa penghasil durian terbesar di daerah itu.

Desa tersebut juga memiliki kegiatan Gebyar Ngunduh Duren, acara gunungan yang berisi hasil pertanian warga desa, termasuk buah durian.

Pada acara itu, belasan gunungan diarak sejauh sekitar 500 meter dari Masjid Al Ikhlas ke panggung utama. 

Bupati Kudus, Hartopo, berharap bahwa penetapan ini bisa menjadi motivasi warga Desa Margorejo untuk mengembangkan desanya sebagai sentra durian, sehingga bisa menarik pengunjung dari luar desa. 

Baca juga:

"Ingat durian ingat Pelang yang merupakan wilayah penghasil durian di Desa Margorejo," kata Hartopo, dikutip dari Antara, Senin (20/12/2021).

Kepala Desa Margorejo, Sumir Khan, mengatakan bahwa pihaknya sudah menanam 1.000 bibit pohon durian.

Diharapkan wisata petik buah durian dari pohonnya langsung akan bisa dilakukan lima tahun ke depan.

"Kami juga bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus untuk mencari pohon durian yang memang asli Desa Margorejo. Nantinya akan diperbanyak untuk ditanam di Dukuh Pelang dan dukuh lainnya untuk mendukung desa ini sebagai sentra durian," ujar Sumir. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.