Kompas.com - 20/12/2021, 17:09 WIB

KOMPAS.com - King Julien, raja kelompok lemur yang muncul di film kartun Madagascar mungkin menjadi salah satu karakter paling berkesan di film tersebut.

Lemur adalah satwa yang hanya ada di Madagaskar, pulau yang berlokasi di lepas pantai timur benua Afrika.

Kini, lemur bisa kita jumpai jika berkunjung ke Jakarta Aquarium & Safari di Neo Soho Mall, Jakarta Barat.

Namun, sepasang lemur yang bisa kita lihat di Jakarta Aquarium adalah lemur hitam putih (black and white lemur), sementara King Julien adalah lemur ekor cincin (ring-tailed lemur)

Sepasang lemur tersebut adalah hasil breeding atau pembiakan dari Taman Safari Indonesia.

Head of Social, Branding, and Communication, Jakarta Aquarium & Safari, Fira Basuki mengatakan, sebagai lembaga konservasi di bawah pengawasan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), Jakarta Aquarium tak hanya sebagai lembaga konservasi, tetapi juga membiakkan satwa.

"Kenapa kami bilang hasil breeding, karena di Taman Safari Indonesia Group ada yang sudah beranak pinak," ungkap di Jakarta Aquarium, Senin (20/12/2021).

Baca juga:

Saat ini, Jakarta Aquarium memiliki sepasang lemur jantan dan betina bernama Pavel dan Anna. Selain lemur, Jakarta Aquarium memiliki 3.500 satwa lain yang juga bisa ditemui.

"Kami di sini ada dua lemur, dan ada 3.500 satwa akuatik dan non-akuatik," ucap Fira.

Sayangnya, satwa menggemaskan ini mulai turun populasinya dan statusnya sudah Critically Endangered (CR). Artinya, sudah memdekati tahap kepunahan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.