Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wahana Baru di Taman Kyai Langgeng Magelang, Bisa Main Bareng Kelinci

Kompas.com - 23/12/2021, 11:05 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

MAGELANG, KOMPAS.com - Taman Kyai Langgeng, Kota Magelang, menambah wahana baru untuk menarik wisatawan, yakni Omah Terwelu atau dalam Bahasa Indonesia artinya rumah kelinci.

Pada lahan seluas sekitar 500 meter persegi di dalam Kompleks Taman Kyai Langgeng itu terdapat 45 ekor kelinci yang menggemaskan.

Untuk mengunjungi wahana ini, pengunjung cukup membayar Rp 25.000 per orang. Ini sudah termasuk aktivitas bermain dan belajar tentang kelinci.

Pada masa promosi, pengelola memberikan diskon khusus hingga 50 persen atau Rp 12.500 per orang untuk masuk wahana. Harga tersebut sudah termasuk paket memberi makan kelinci dan panduan dari petugas. 

Direktur Utama Taman Kyai Langgeng Kota Magelang, Arif Taat Ujiyanto mengatakan, Omah Terwelu adalah salah satu kreasi untuk menambah daya tarik wisata tempat tersebut.

Dengan adanya wahana ini, Taman Kyai Lenggeng tidak sekadar menjadi obyek wisata alam dan hiburan, tapi juga tempat mendapatkan edukasi, khususnya satwa.

"Kami sudah ada reptil dan satwa lainnya, sekarang kami tambah kelinci."

"Kelinci itu ada ilmunya ternyata, (misalnya) tidak bisa hanya dikasih makan wortel karena bikin kembung, termasuk budidaya kelinci dan sebagainya," ungkap Taat, usai peluncuran Omah Terwelu Taman Kyai Langgeng Kota Magelang, Rabu (22/12/2021).

Baca juga:

Pengunjung anak sedang bermain bersama kelinci di Omah Terwelu Taman Kyai Langgeng Magelang, Jawa Tengah, Rabu (22/12/2021)KOMPAS.COM/IKA FITRIANA Pengunjung anak sedang bermain bersama kelinci di Omah Terwelu Taman Kyai Langgeng Magelang, Jawa Tengah, Rabu (22/12/2021)

Wahana ini, pengelola berkolaborasi dengan komunitas Republik Kelinci Magelang yang menyediakan setidaknya 45 ekor kelinci berbagai jenis. Taat mengatakan, Omah Terwelu memanfaatkan lahan tidak produktif yang masih ada di kompleks obyek wisata milik Pemkot Magelang itu.

Jenis-jenis kelinci yang ada antara lain Holland Lop, Giant, New Zealand, Rex, Fuzzy Lop, Dutch, dan bibitan kelinci pedaging.

Bahkan, ada pula kelinci langka seperti English Anggora di wahana ini.

Pengunjung yang datang boleh memberi makan, menggendong, dan bermain dengan kelinci-kelinci tersebut.

Taat menyebut, di taman seluas 27 hektar ini sudah tersedia Botanical Park, Culinary Park, Playgroud Park hingga Camper Park. Omah Terwelu menjadi bagian transformasi bisnis Taman Kyai Langgeng sebagai Education Park. 

"Wahana Omah Terwelu merupakan sinergi kita dengan Taman Kyai Langgeng untuk meng-edukasi masyarakat tentang budidaya kelinci."

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com