Kompas.com - 23/12/2021, 20:06 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Mulai tanggal 23 Desember 2021, PT Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero) Daop 6 Yogyakarta melayani tes PCR seharga mulai dari Rp 195.000 di stasiun selama Natal 2021 dan tahun baru 2022 (Nataru).

Manajer Humas KAI Daop 6 Supriyanto mengatakan, hadirnya layanan tes PCR di stasiun ini merupakan salah satu upaya KAI memberikan peningkatan pelayanan kepada pelanggan pada periode Nataru.

"Layanan ini hadir guna membantu masyarakat dalam melengkapi persyaratan untuk naik kereta api di masa Nataru khususnya pelanggan dengan usia di bawah 12 tahun yang diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes PCR mulai 24 Desember (2021)," ujar Supriyanto, Kamis (23/12/2021).

Baca juga:

Pada tahap awal, terdapat 17 stasiun yang akan melayani tes PCR, di antaranya Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Bandung, Stasiun Yogyakarta, Serta Solo Balapan.

"Nantinya jumlah stasiun yang akan melayani tes PCR di stasiun akan ditambah secara bertahap," ujar Supriyanto.

Untuk melakukan tes PCR di stasiun, calon penumpang harus menunjukkan kartu identitas dan tiket atau kode booking KA Jarak Jauh yang sudah dibayarkan.

Stasiun Solo Balapan lokasi dibangunnya peron untuk KA Bandara di Solo, Jawa Tengah.KOMPAS.com/LABIB ZAMANI Stasiun Solo Balapan lokasi dibangunnya peron untuk KA Bandara di Solo, Jawa Tengah.

Hasil tes PCR akan keluar maksimal 1x24 jam setelah pengambilan sampel. Hasilnya akan dikirim ke email calon penumpang dan sudah terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi.

"Perhatikan kembali syarat-syarat perjalanan dengan saksama. KAI hanya akan memberangkatkan pelanggan yang sesuai persyaratan dalam rangka menyediakan layanan kereta api yang aman, nyaman, sehat, dan selamat di masa pandemi Covid-19," ujar Supriyanto.

Baca juga:

Selain menyediakan layanan RT-PCR, KAI juga masih menyediakan layanan Vaksinasi Covid-19 gratis di 16 Stasiun dan Rapid Test Antigen di 81 Stasiun seharga Rp45.000 bagi pelanggan KA Jarak Jauh.

"Para pelanggan Kereta Api diharapkan dapat memanfaatkan berbagai layanan tersebut dan menerapkan protokol kesehatan secara disiplin pada saat menggunakan layanan kereta api guna mencegah penyebaran Covid-19 melalui transportasi kereta api," tutup Supriyanto.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.