Kompas.com - 23/12/2021, 21:20 WIB

TAKENGON, KOMPAS.com – Gerimis mulai jatuh ketika kami tiba di Hotel Grand Renggali, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh, Sabtu (19/12/2021).

Sesaat kemudian, azan magrib mulai terdengar di seluruh penjuru dataran tinggi Gayo itu. Kami pun salat di musala hotel yang mampu menampung 100 jemaah. 

Selepas salat, kami menuju bagian belakang hotel, tepatnya di bibir Danau Lut Tawar atau Laut Tawar. Sebuah patung kuda terlihat berdiri megah, sementara di depannya tampak danau yang memutih lantaran perlahan diselimuti kabut pada malam hari. 

Udara sejuk yang terasa seakan mengisyaratkan pengunjung untuk mengenakan jaket agar badan tetap hangat. 

Di tempat inilah tersedia fasilitas untuk menikmati BBQ atau barbeku. Pengunjung bisa langsung memanggang sendiri ikan dan jagung ataupun minta bantuan staf hotel. 

“Jadi wisatawan bisa bakar sendiri, rebus sendiri. Kita siapkan ikan, ayam atau menu lainnya yang diminta. Atau minta bantu staf kami membakarnya juga boleh,” kata Direktur Operasional Arabia Group Hotel yang juga induk usaha Grand Renggali, Iwan Wahyudi, kepada Kompas.com.

Baca juga:

Pada penghujung tahun, hujan biasanya turun hampir 24 jam. Untungnya, lokasi tempat kami menyantap barbeku ini telah dipasangi tenda. 

Kami menikmati ikan dan jagung bakar sembari menikmati alunan musik di sela-sela suara rintik hujan. 

Adapun pihak hotel menyediakan beragam bahan untuk dibakar, di antaranya ikan ayam, ikan nila, ikan gurami, dan ikan mujair. Ada juga jagung bakar, kacang rebus, dan jagung rebus.

Selain menu untuk dipanggang, ada juga capcai dan mi goreng yang ditemani lalapan.

Untuk minumannya, tersedia kopi arabica Gayo yang tersohor, teh, dan es mentimun. 

Semuanya dibanderol mulai dari Rp 130.000.

Menjelang Natal 2021 dan tahun baru 2022 (Nataru), wisatawan dari berbagai daerah di Sumatera Utara dan Aceh umumnya berkumpul di Aceh Tengah.

Terkait hal itu, pihak hotel tetap menerapkan protokol kesehatan, di antaranya melakukan pengecekan suhu dan mengingatkan pengunjung untuk memakai masker. 

Usai menikmati barbeku, pengunjung bisa mendatangi sejumlah kafe di Aceh Tengah untuk menyesap kopi sambil mendengarkan live music dari band setempat. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.