Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11 Tempat Wisata di Semarang, Cocok buat Liburan Keluarga

Kompas.com - Diperbarui 16/12/2022, 14:16 WIB
Desi Intan Sari,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Ada banyak tempat wisata di Semarang, Jawa Tengah yang dapat dikunjungi pada momen libur akhir tahun. Beberapa di antaranya juga beroperasi hingga malam hari.

Jika berencana menghabiskan waktu liburan atau berkunjung ke Kota Lumpia, beberapa tempat populer dan unik yang dirangkum oleh Kompas.com, Minggu (26/12/2021) berikut bisa menjadi pilihan.

Baca juga: 8 Pantai Semarang dan Sekitarnya, Ada Pantai dengan Hutan Mangrove

Rekomendasi tempat wisata di Semarang

1. Bukit Cinta Rawa Pening 

Jika berencana berburu tempat foto yang menarik, unik, dan Instagramable, Bukit Cinta Rawa Pening bisa menjadi pilihan tempat wisata di Semarang untuk kamu kunjungi.

Sebagai tempat wisata yang populer, Bukit Cinta Rawa Pening kerap dipadati pengunjung yang ingin berfoto atau sekadar bersantai.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan penataan dua kawasan wisata di Kabupaten Semarang yakni, Bukit Cinta Rawa Pening dan Wisata Gedong Songo-Bandungan. Kementerian PUPR Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan penataan dua kawasan wisata di Kabupaten Semarang yakni, Bukit Cinta Rawa Pening dan Wisata Gedong Songo-Bandungan.

Di tempat ini, pengunjung bisa menemukan jembatan panjang yang terletak di atas rawa dan patung naga berukuran besar yang sering menjadi lokasi foto pengujung.

Baca juga: 20 Wisata Tahun Baru di Semarang, Cocok Dikunjungi Bersama Keluarga

2. Eling Bening 

Tempat wisata di Semarang lainnya yang juga tak kalah menarik dan indah adalah Eling Bening. 

Di Eling Bening wisatawan tak hanya bisa menikmati suasana alam yang asri, tapi juga dapat melihat keindahan Rawa Pening dan Gunung Ungaran.

Eling BeningShutterstock Eling Bening

Fasilitas yang tersedia cukup lengkap dan cocok menjadi destinasi liburan keluarga, seperti kolam renang, kafe, restoran, tempat outbound, dan camping ground.

Baca juga: 7 Hotel Murah Dekat Simpang Lima Semarang untuk Tahun Baruan 

3. Saloka Theme Park 

Saloka Theme Park menawarkan banyak wahana menarik untuk segala umur, seperti wisata edukasi dan sejumlah wahana yang memacu adrenalin. 

Beberapa wahana yang bisa dicoba seperti Zoma Kamayayi, Zona Ararya, Zona Segara Prada, Zona Pesisir, Zona Belantara, dan lain-lain. 

Saloka Theme ParkShutterstock Saloka Theme Park

Taman bermain ini buka setiap hari. Jadi, wisatawan bisa datang ke sini mulai pukul 10.00-18.00 WIB untuk Senin hingga Kamis dan 12.00-19.00 untuk Jumat, Sabtu, Minggu, serta hari libur.

Baca juga: 8 Wisata di Jalur Semarang-Yogyakarta, Bisa Mampir Saat Mudik

Sementara untuk Sabtu dan Minggu, serta hari libur nasional kamu bisa berkunjung pukul 10.00-19.00 WIB.

4. Wisata Alam Perantunan 

Wisata Perantunan di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Wisata Perantunan di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Wisata Perantunan berlokasi di Desa Gintungan, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Tempat ini menyuguhkan panorama Rawa Pening yang amat cantik.

Baca juga: Legenda Asal-usul Rawa Pening Semarang

Wisata Peruntunan merupakan salah satu pintu gerbang pendakian Gunung Unggaran yang berada di ketinggian 2.050 meter di atas permukaan laut (mdpl). 

Pengunjung bisa juga berkemah di kawasan wisata dan menikmati sejuknya udara dan asrinya lingkungan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com