Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Hotel di Labuan Bajo Terima Anugerah Award Hotel Berkelanjutan 2021

Kompas.com - 27/12/2021, 10:10 WIB
Nansianus Taris,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), menggelar Penganugerahan Hotel Berkelanjutan (Lingko Award) Tahun 2021. Acara dilaksanakan di Hotel Jayakarta Labuan Bajo, Kamis (23/12/2021).

Lingko Award merupakan bentuk pemberian penghargaan terhadap hotel-hotel yang menerapkan prinsip-prinsip pariwisata berkelanjutan yang meliputi aspek pengelolaan hotel, manfaat ekonomi, pelestarian budaya, dan aspek konservasi lingkungan.

Segala proses dan tahapan kegiatan sudah dilaksanakan dengan baik mulai dari seleksi administrasi, self-assessment online atau penilaian mandiri dan kegiatan visitasi atau kunjungan penilaian langsung yang dilakukan Tim Assessor Lingko Award 2021.

Baca juga: Ruas Jalan Labuan Bajo-Tana Mori Akan Disulap Berstandar Internasional

Proses penilaian bersama Tim sekretariat dan Tim Assessor Lingko Award 2021 telah menetapkan Hotel-hotel yang menerapkan prinsip-prinsip Pariwisata Berkelanjutan di Kabupaten Manggarai Barat Tahun 2021.

Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi mengatakan, pariwisata berkelanjutan menjadi prinsip pembangunan industri pariwisata di kabupaten Manggarai Barat.

Menurut dia, prinsip-prinsip periwisata berkelanjutan wajib dilakukan seluruh industri pariwisata, termasuk hotel untuk memberikan dampak ekonomi, sosial, dan lingkungan yang baik bagi kelangsungan masa depan.

Foto dirilis Minggu (4/7/2021), memperlihatkan wisatawan menikmati wisata Pulau Padar, Nusa Tenggara Timur. Pandemi Covid-19 yang menghantam sektor pariwisata, membuat pemerintah terus melakukan penataan di kawasan Labuan Bajo dengan harapan dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan pariwisata yang menurun saat ini.ANTARA FOTO/RIVAN AWAL LINGGA Foto dirilis Minggu (4/7/2021), memperlihatkan wisatawan menikmati wisata Pulau Padar, Nusa Tenggara Timur. Pandemi Covid-19 yang menghantam sektor pariwisata, membuat pemerintah terus melakukan penataan di kawasan Labuan Bajo dengan harapan dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan pariwisata yang menurun saat ini.

"Hotel tidak sekedar tempat untuk beristirahat, tetapi juga bertanggung jawab atas keberlanjutan lingkungan," kata Edistasius dalam rilis yang diterima Kompas.com, Minggu (26/12/2021).

Ia melanjutkan, sarana akomodasi yang ramah lingkungan dan ramah sosial menjadi konsep yang digalakkan pemerintah daerahnya saat ini.

Baca juga: Labuan Bajo Terus Berbenah untuk Sambut Event-event Internasional

Ia menjelaskan, kini Pemkab Manggarai Barat memiliki program pemberian penghargaan kepada akomodasi yang menerapkan konsep ramah lingkungan yaitu anugerah Linko Award.

Anugerah itu merupakan salah satu upaya daerah ini untuk memastikan kualitas operasional pengelolaan hotel dan akomodasi di labuan Bajo dan Manggarai Barat sejalan dengan prinsip pariwisata berkelanjutan.

Baca juga: Garuda Indonesia Travel Fair, Jakarta-Labuan Bajo PP Rp 1,3 Jutaan

Untuk diketahui ada 10 hotel yang mendapat penghargaan Lingko Award untuk kategori berbintang yaitu Sudamala Resort Komodo, Seraya Komodo Resort, Puri Sari Beach Hotel, Luwansa Beach Resort, Exotic Komodo Hotel.

Kemudian untuk kategori Non Berbintang yaitu Golo Hill Top, Hotel Kalton, L Bajo Hotel, Green Hill Boutique Hotel, Centro Bajo Hotel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com