Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Bromo Buka Saat Tahun Baru, Simak Harga Tiketnya

Kompas.com - 28/12/2021, 09:08 WIB
Desi Intan Sari,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kegiatan wisata di Gunung Bromo masih dibuka untuk wisatawan, walaupun sempat terjadi erupsi Gunung Semeru pada awal Desember 2021 lalu.  

Hal tersebut diumukan melalui akun Instagram resmi Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS), Senin (27/12/2021). 

Menurut informasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Pos Pengamatan Gunung api Bromo, aktivitas di gunung tersebut berada di level II atau bisa dikatakan masih waspada.

Baca juga: Erupsi Gunung Semeru Tak Berdampak pada Wisata Bromo

Jadi seluruh tempat wisata yang ada di kawasan Gunung Bromo masih aman untuk dikunjungi dengan mematuhi beberapa persyaratan khusus. 

Persyaratan khusus itu berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 62 tentang Pencegahan Dan Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 Pada Saat Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru Tahun 2022 tanggal 22 November 2021.

Kawah Gunung Bromo, Rabu (24/3/2021)KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Kawah Gunung Bromo, Rabu (24/3/2021)

Peraturan lain yang harus ditaati adalah pedoman dari Inmendagri Nomor 67 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2, dan Level 1 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali tanggal 13 Desember 2021.

Wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburan ke tempat wisata yang ada di Gunung Bromo tetap harus mengikuti protokol kesehatan (prokes) yang berlaku.

Baca juga: 

Selain itu, pembelian tiket masuk hanya bisa diperoleh melalui situs resminya dan pembayaran juga dilakukan secara daring. Wisatawan bisa melakukan pemesanan melalui link ini. 

Kawasan Gunung Bromo.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Kawasan Gunung Bromo.

Untuk diketahui, penjualan tiket secara langsung atau on the spot masih belum tersedia guna menghindari kerumunan. 

Adapun harga tiket masuk pada hari kerja untuk satu orang mulai dari Rp 29.000, sedangkan pada saat libur atau weekend menjadi mulai dari Rp 34.000. 

Baca juga: 

Setiap tiketnya berlaku untuk masuk ke bagian sunrise view point, site savanna serta laut pasir yang terdiri dari Bukit Cinta, Pananjakan, Bukit Kedaluh, dan Mentigen. 

Untuk pengunjung yang memilih site savanna hanya bisa datang ke site sunrise setelah pukul 10.00 WIB. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com