Kompas.com - 28/12/2021, 09:08 WIB

KOMPAS.com – Kegiatan wisata di Gunung Bromo masih dibuka untuk wisatawan, walaupun sempat terjadi erupsi Gunung Semeru pada awal Desember 2021 lalu.  

Hal tersebut diumukan melalui akun Instagram resmi Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS), Senin (27/12/2021). 

Menurut informasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Pos Pengamatan Gunung api Bromo, aktivitas di gunung tersebut berada di level II atau bisa dikatakan masih waspada.

Baca juga: Erupsi Gunung Semeru Tak Berdampak pada Wisata Bromo

Jadi seluruh tempat wisata yang ada di kawasan Gunung Bromo masih aman untuk dikunjungi dengan mematuhi beberapa persyaratan khusus. 

Persyaratan khusus itu berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 62 tentang Pencegahan Dan Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 Pada Saat Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru Tahun 2022 tanggal 22 November 2021.

Kawah Gunung Bromo, Rabu (24/3/2021)KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Kawah Gunung Bromo, Rabu (24/3/2021)

Peraturan lain yang harus ditaati adalah pedoman dari Inmendagri Nomor 67 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2, dan Level 1 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali tanggal 13 Desember 2021.

Wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburan ke tempat wisata yang ada di Gunung Bromo tetap harus mengikuti protokol kesehatan (prokes) yang berlaku.

Baca juga: 

Selain itu, pembelian tiket masuk hanya bisa diperoleh melalui situs resminya dan pembayaran juga dilakukan secara daring. Wisatawan bisa melakukan pemesanan melalui link ini. 

Kawasan Gunung Bromo.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Kawasan Gunung Bromo.

Untuk diketahui, penjualan tiket secara langsung atau on the spot masih belum tersedia guna menghindari kerumunan. 

Adapun harga tiket masuk pada hari kerja untuk satu orang mulai dari Rp 29.000, sedangkan pada saat libur atau weekend menjadi mulai dari Rp 34.000. 

Baca juga: 

Setiap tiketnya berlaku untuk masuk ke bagian sunrise view point, site savanna serta laut pasir yang terdiri dari Bukit Cinta, Pananjakan, Bukit Kedaluh, dan Mentigen. 

Untuk pengunjung yang memilih site savanna hanya bisa datang ke site sunrise setelah pukul 10.00 WIB. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.