Kompas.com - 28/12/2021, 18:06 WIB

KOMPAS.com - Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) akan menutup seluruh jalur pendakian Gunung Rinjani di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), mulai 1 Januari  sampai 31 Maret 2022.

Keputusan ini dikonfirmasi langsung oleh Kepala Balai TNGR, Dedy Asriady kepada Kompas.com, Selasa (28/12/2021).

"Penutupan dilakukan akibat cuaca ekstrem yang sedang terjadi di Pulau Lombok dapat membahayakan keselamatan pengunjung," kata dia.

Baca juga:

Berdasarkan informasi prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun klimatologi kelas I Mataram, cuaca buruk tersebut berpotensi memicu angin kencang, hujan lebat hingga banjir di Pulau Lombok, NTB.

Selain pengaruh cuaca buruk, Taman Nasional Gunung Rinjani juga ditutup karena dalam masa pemulihan ekosistem.

Pengunjung yang akan mendaki pada 31 Desember 2021 diimbau supaya melakukan check out di masing-masing pintu pendakian, maksimal 2 Januari 2022.

Wisata alam non-pendakian yang juga ditutup

Di sisi lain, tak hanya jalur pendakian saja yang ditutup oleh BNTGR. Ada 3 wisata non-pendakian yang ditutup sejak 29 November 2021 hingga 31 Maret 2022.

Air Terjun Mangku Sakti di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, NTB.Instagram @gunungrinjani_nationalpark Air Terjun Mangku Sakti di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, NTB.

Ketiga atraksi wisata non-pendakian di kawasan Gunung Rinjani yang ditutup untuk sementara, yaitu:

  1. Air Terjun Jeruk Manis, di Desa Jeruk Manis, Kecamatan Sikur
  2. Air Terjun Mayung Polak, di Desa Timbanuh, Kecamatan Pringgasela
  3. Air Terjun Mangku Sakti via Desa Sajang, Kecamatan Sembalun dan Desa Sambik Elen, Kecamatan Bayan.

Adapun untuk 15 tempat wisata alam lain yang berada di bawah pengelolaan BTNTR, selain jalur pendakian, masih tetap dibuka.

Kelimabelas destinasi tersebut yaitu Otak Kokoq Joben, Telaga Biru, Treng Wilis, Ulem-ulem, Gunung Kukus, Savana Propok, Sebau, Tangkok Adeng, Joben Eco Park (JEP), Bukit Telaga, Bukit Lincak, Bukit Kanji, Bukit Malang, dan Jalur Sepeda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.