Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MotoGP Mandalika, Pemerintah Siapkan Paket Wisata dari Gili

Kompas.com - 28/12/2021, 19:07 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mempersiapkan sejumlah hal agar kawasan tiga Gili, yaitu Gili Trawangan, Meno, dan Air (Gili Tramena) ramai dikunjungi wisatawan jelang gelaran MotoGP Mandalika, Maret 2022.

Menparekraf Sandiaga Uno mengakui, kunjungan wisawatan ke Gili Tramena masih rendah saat gelaran World Superbike (WBSK) pada 19 dan 20 November 2021

Menurutnya, Gili Tramena memiliki karakteristik mirip Pulau Bali, yakni sangat populer di kalangan wisatawan mancanegara yang mencari kegiatan berkaitan wisata bahari.

Itulah mengapa, situasi pandemi memberikan dampak yang sangat besar terhadap kawasan tersebut.

"Kami tertantang karena pas World Superbike kami melihat fasilitas yang sudah siap di Gili Tramena belum tersentuh."

"Oleh karena itu, di MotoGP nanti, karena kami juga ditunjuk sebagai pimpinan dari penyiapan MotoGP, bagaimana ada kesiapan akomodasi yang terinterkoneksi dengan Mandalika, di Gili Tramena."

Hal itu disampaikan oleh Sandiaga dalam Jumpa Pers Akhir Tahun 2021 di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jakarta, Senin (27/12/2021).

Baca juga:

Jelang MotoGP 2022, ITDC Perbaiki Saluran Drainase Sirkuit Mandalika ITDC Jelang MotoGP 2022, ITDC Perbaiki Saluran Drainase Sirkuit Mandalika

Ia menambahkan, persiapan untuk menyambut wisatawan perlu dimatangkan mengingat kejuaraan balap motor kelas utama tersebut diperkirakan akan menarik kunjungan wisatawan hingga lebih dari 100.000 orang.

Angka tersebut mencapai sekitar lima kali lipat wisatawan saat WBSK. Kondisi ini bisa dimanfaatkan oleh para pelaku industri pariwisata di Gili.

Untuk itu, Kemenparekraf berencana menyiapkan sejumlah hal terkait akomodasi dan transportasi yang menghubungkan Gili dengan Mandalika.

"Ini perlu pendekatan holistik. Desa wisata dilibatkan, juga nanti glamping, homestay, cruise, dan tentunya juga bagaimana fasilitas yang ada di Gili terhubung langsung dengan shuttle menuju Mandalika," ucap Sandiaga.

Siapkan paket wisata hingga shuttle bus

Ilustrasi Gili Trawangan.SHUTTERSTOCK Ilustrasi Gili Trawangan.

Demi menghadirkan akomodasi yang saling terhubung antara Gili dan venue MotoGP di Mandalika, Kemenparekraf berencana mempersiapkan sejumlah hal.

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kemenparekraf, Rizki Handayani Mustafa menyebutkan, salah satu hal yang dipersiapkan adalah paket wisata untuk wisatawan yang menginap di Gili dan hendak menyaksikan MotoGP di Mandalika.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com