Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fakta Bendungan Ladongi yang Diresmikan Jokowi, Bisa buat Wisata Air

Kompas.com - 28/12/2021, 20:32 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Ladongi di Kabupaten Kolaka Timur, Provinsi Sulawesi Tenggara, Selasa (28/12/2021).

Selain dihadirkan untuk memenuhi fungsi irigasi bagi empat kabupaten di sekitarnya, Bendungan Ladongi juga berpotensi dikembangkan sebagai salah satu destinasi wisata, terutama wisata air.

Bahkan, dalam kesempatan terebut Jokowi turut menjajal perahu naga bersama sejumlah menteri yang mendampinginya.

"Tadi saya mencoba memakai perahu, mendayung, karena memang arahnya waduk ini juga bisa dipakai sebagai tempat wisata sehingga ini menjadi tanggung jawab kabupaten maupun provinsi untuk nanti pengembangan selanjutnya," kata Jokowi, seperti dikutip Kompas.com dari keterangan resmi, Selasa.

Baca juga: 5 Fakta Waduk Pidekso Wonogiri yang Diresmikan Presiden Joko Widodo

Berikut sejumlah fakta tentang Bendungan Ladongi di Sulawesi Tenggara yang perlu kita ketahui:

  • Lokasi

Bendungan Ladongi yang terletak di Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara.Kementerian PUPR Bendungan Ladongi yang terletak di Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara.

Bendungan Ladongi berlokasi di Kabupaten Kolaka Timur, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Jaraknya dari pusat Kota Kendari sekitar 122 kilometer. Untuk mencapainya diperlukan waktu sekitar 3 jam jika menaiki kendaraan. 

Baca juga: 9 Wahana Wisata di Waduk Cengklik Park dan Harganya

  • Dikerjakan sejak 2016

Bendungan Ladongi dibangun selama periode 2016 hingga 2021.

Mengutip pemberitaan Kompas.com, Selasa, pembangunan bendungan dikerjakan dalam dua paket, yakni paket I selama 2016-2020 dan paket II selama 2019-2021.

Bendungan tersebut kini siap menyuplai air irigasi seluas 3.604 hektar lahan pertanian di empat kabupaten di sekitarnya.

  • Biaya pembangunan

Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Ladongi di Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara, Selasa (28/12/2021). Peresmian itu dilakukan sembari Jokowi naik perahu naga di bendungan tersebut, yang kehadirannya diharapkan dapat memenuhi kebutuhan air untuk pertanian dalam rangka mendukung kemandirian, kedaulatan, dan ketahanan pangan.SETPRES/AGUS SUPARTO Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Ladongi di Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara, Selasa (28/12/2021). Peresmian itu dilakukan sembari Jokowi naik perahu naga di bendungan tersebut, yang kehadirannya diharapkan dapat memenuhi kebutuhan air untuk pertanian dalam rangka mendukung kemandirian, kedaulatan, dan ketahanan pangan.

Dari data Kemeneterian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, bendungan yang dibangun selama kurang lebih lima tahun itu menelan biaya sekitar Rp 1,2 triliun.

Baca juga: Waduk Cengklik Park Boyolali, Tempat Wisata Instagramable di Tepi Waduk

  • Suplai iritasi 4 kabupaten

Bendungan dengan kapasitas daya tampung sebesar 45,9 juta meter kubik air ini menyuplai air irigasi seluas 3.604 hektar di empat kabupaten sekitarnya, yakni Kolaka Timur, Konawe, Konawe Selatan, dan Kolaka.

Bendungan Ladongi juga menyediakan air baku sebanyak 120 liter per detik, reduksi banjir sebesar 176,6 meter kubik per detik, dan potensi listrik sebesar 1,3 megawatt.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com