Kompas.com - 29/12/2021, 18:06 WIB

KOMPAS.com - Kota Cirebon, Jawa Barat, kerap dijuluki Kota Udang dan memiliki beragam tempat yang bisa dikunjungi untuk wisata religi, wisata sejarah, dan wisata kuliner. 

Melansir Kompas.com pada Sabtu (13/6/2015), kota yang berada di pesisir Pantai Utara Jawa ini menggambarkan percampuran dua budaya, yakni Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Sebagai jalur perlintasan dari timur ke barat Jawa atau sebaliknya, Cirebon disebut sebagai salah satu kota tersibuk terutama saat periode libur panjang dan Hari Raya Idul Fitri.

Hal ini karena tujuan sebagian besar masyarakat yang berkunjung ke Cirebon adalah untuk mudik atau berlibur. 

Baca juga:

Ada beberapa alternatif jalan dari Jakarta menuju Cirebon. Secara keseluruhan, total panjang ruas tol dari Jakarta ke Cirebon melalui Gerbang Tol (GT) Palimanan adalah sekitar 189 kilometer (km).

Tarif Tol Jakarta - Cirebon terbaru 2021

Bagian utama ruang terbuka Keraton Kasepuhan. Di sebelah kanan tampak patung dua singa putih lambang keluarga besar Pajajaran keturunan Prabu Siliwangi.KOMPAS/WINDORO ADI Bagian utama ruang terbuka Keraton Kasepuhan. Di sebelah kanan tampak patung dua singa putih lambang keluarga besar Pajajaran keturunan Prabu Siliwangi.

Melansir situs resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), ada informasi terbaru mengenai tarif tol Jakarta ke Cirebon per 25 Desember 2021. Tarif ini khusus bagi kendaraan Golongan I.

Menurut laman BPJT, kendaraan Golongan I meliputi sedan, jip, pick-up/truk kecil, dan bus. 

Rute Jakarta - Cirebon yang singkat adalah melalui Tol Jakarta - Cikampek, Tol Cikopo - Palimanan, dan Tol Palimanan - Ciperna.

Baca juga: Ini 4 Rekomendasi Wisata Budaya di Gegesik Kulon, Cirebon

Bagi yang mengendarai kendaraan pribadi di Tol Jakarta-Cikampek, biaya yang akan dikenakan sebesar Rp 20.000.

Kemudian, lanjut menuju Tol Cikopo - Palimanan, dengan kendaraan Golongan I biayanya adalah Rp 107.500.

Terakhir, Tol Palimanan - Ciperna tarifnya mencapai Rp 6.500. Jika dijumlahkan, total biaya yang harus dipersiapkan kurang lebih sebesar Rp 134.000.

Baca juga: Sandiaga Naik Kereta Istimewa ke Cirebon, Seperti Apa Fasilitasnya?

Dengan tol Jakarta - Cirebon melalui Palimanan ini, perkiraan durasi perjalanan adalah sekitar enam jam. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.