Kompas.com - 30/12/2021, 17:31 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Malam tahun baru 2022 pada Jumat (31/12/2021), Malioboro tetap buka, tapi hanya bisa dikunjungi melalui satu pintu masuk, yakni Jalan Mataram, Kota Yogyakarta.

"Satu pintu untuk masuk ke Malioboro. Tidak semua pintu masuk Malioboro. Sekarang dari barat, ada dari timur. Nanti dari selatan, jadi ke Malioboro pun kita seleksi, masuk Malioboro dibatasi," ucap Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi, Kamis (30/12/2021).

Ia melanjutkan, masuk Malioboro hanya bisa via Jalan Mataram. Saat sudah penuh, maka pintu masuk akan ditutup.

Baca juga: Simak, 3 Aturan Malam Tahun Baru 2022 di Malioboro

Meski kawasan Malioboro tidak ditutup saat malam tahun Baru, Heroe mengatakan bahwa kemungkinan sejumlah jalan di Kota Yogyakarta akan ditutup.

"Nanti akan ada penyekatan di sejumlah titik jalan-jalan Kota Yogayakrta untuk mengendalikan supaya tidak terjadi kerumunan," katanya.

Diharapkan penyekatan dan pengalihan jalur di beberapa ruas jalan dapat mengurai kerumunan.

Baca juga: 7 Wisata Malam di Sekitar Yogyakarta, Ada Kafe dengan Panorama Bukit

Nantinya, penyekatan jalan bersifat dinamis di beberapa titik. Artinya jika kondisi sepi, maka jalan akan dibuka. Namun, jalan akan ditutup jika kondisinya ramai.

Ada crowd free night di Yogyakarta?

Disinggung soal apakah Kota Yogyakarta juga menerapkan kebijakan crowd free night, Heroe mengatakan di Kota Yogyakarta belum akan melakukan kebijakan tersebut.

Kantor Pos Besar Yogyakarta yang berada di kawasan titik nol kilometer.https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/ Kantor Pos Besar Yogyakarta yang berada di kawasan titik nol kilometer.

"Sampai sekarang kita belum pada titik itu," kata dia.

Sedangkan untuk Titik Nol kilometer Kota Yogyakarta, pada malam tahun baru akan dilakukan pemagaran seperti tahun 2020.

Baca juga: Wisatawan di Malioboro Membeludak, Omzet Harian Pedagang Naik

"Ya depan serangan umum semuanya timur dan barat kita tutup," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.