Kompas.com - 30/12/2021, 19:38 WIB

KOMPAS.com - Penerapan Crowd Free Night (CFN) akan diterapkan pada 11 titik di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya di malam pergantian tahun 2022.

Mengutip pemberitaan Kompas.com (30/12/2021), kawasan tersebut akan ditutup pada 31 Desember 2021, mulai pukul 22.00 WIB sampai 1 Januari 2022 pukul 04.00 WIB.

"Kami putuskan yang pertama pelaksanaan CFN akan dilaksanakan selama dua hari, mulai 31 Desember 2021 dan tanggal 1 Januari 2022," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, Kamis.

Baca juga:

Mengutip Kompas.com, (24/09/2021), Crowd Free Night adalah aturan pembatasan mobilitas kendaraan dan pejalan kaki.

Pada malam pergantian tahun, aturan ini diberlakukan dilakukan untuk membatasi mobilitas warga, terutama di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Sambodo berharap, pemberlakuan Crowd Free Night pada malam pergantian tahun 2022 dapat mencegah terjadinya kerumunan yang bisa berimbas pada melonjaknya kasus Covid-19 di Jakarta.

Dalam pelaksanaannya, petugas gabungan akan membangun 73 pos pemantauan yang tersebar di kawasan tersebut.

Petugas kepolisian berjaga saat diberlakukannya Car Free Night (malam bebas kendaraan)  dan Crowd Free Night (malam bebas keramaian) pada malam pergantian tahun di Jalan MH Thamrin, Jakarta (31/12/2020). Polda Metro Jaya melakukan  Car Free Night dan Crowd Free Night dengan menutup sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin, Jakarta pada malam pergantian tahun untuk mencegah kerumunan warga.ANTARA FOTO/HAFIDZ MUBARAK A Petugas kepolisian berjaga saat diberlakukannya Car Free Night (malam bebas kendaraan) dan Crowd Free Night (malam bebas keramaian) pada malam pergantian tahun di Jalan MH Thamrin, Jakarta (31/12/2020). Polda Metro Jaya melakukan Car Free Night dan Crowd Free Night dengan menutup sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin, Jakarta pada malam pergantian tahun untuk mencegah kerumunan warga.

Berikut 11 kawasan yang akan diberlakukan Crowd Free Night Jakarta pada Jumat (31/12/2021):

  • Kawasan Asia Afrika
  • Kawasan Gunawarman - Senopati -SCBD
  • Kawasan Mahakam - Bulungan - Barito
  • Kawasan Sudirman - Thamrin
  • Kawasan Kota Tua
  • Kawasan Monumen Nasional (Monas)
  • Kawasan Kemayoran
  • Kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) 2
  • Kawasan Kemang
  • Kawasan Banjir Kanal Timur (BKT).
  • Kawasan Danau Sunter, Jakarta Utara

Baca juga: Kota Tua Jakarta Tutup Saat Malam Tahun Baru 2022

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.