Kompas.com - 30/12/2021, 23:02 WIB

KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali menambah layanan koridor baru untuk program Buy The Service (BTS), yang bernama Batik Solo Trans, di Kota Solo.

Melalui program ini, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub meluncurkan koridor 5 dan 6 di Balaikota Surakarta pada Kamis (30/12/2021).

Launching Batik Solo Trans koridor 5 dan 6 adalah angkutan aglomerasi yang menjangkau sampai Sukoharjo."

"Kami mengucapkan selamat kepada Kota Solo yang hingga saat ini telah mengekspansi hingga 6 koridor,” kata Direktur Angkutan Jalan, Suharto melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis.

Batik Solo Trans koridor 5 dan 6 akan melayani rute berikut:

  • Koridor 5 : Terminal Kartosuro – Pasar Bekonang PP, terdiri dari 23 Unit Bus Siap Operasi dan 3 Unit Bus Cadangan dengan jarak layanan 52,6 kilometer.
  • Koridor 6 : Terminal Tirtonadi – Solo Baru PP, terdiri dari 10 Unit Bus Siap Operasi dengan jarak layanan 21,46 kilometer.

Baca juga: Perjalanan Jakarta ke Solo, Cek Dulu Tarif Tol yang Perlu Disiapkan

Peluncuran Batik Trans Solo koridor 5 dan 6 oleh Kementerian Perhubungan di Solo, Kamis (30/12/2021).DOK KEMENTERIAN PERHUBUNGAN Peluncuran Batik Trans Solo koridor 5 dan 6 oleh Kementerian Perhubungan di Solo, Kamis (30/12/2021).

Pelayanan BTS, baik di Solo maupun sembilan kota lainnya masih gratis. Namun, Kemenhub masih menunggu regulasi tarif.

"Konsep kami untuk pelajar jauh dekat Rp2.000, sementara umum Rp3.000,” ucap Suharto.

Suharto berharap ke depannya, dengan adanya penggunaan transportasi massal di Kota Solo ini dapat membantu mengurangi polusi udara akibat penggunaan kendaraan bermotor pribadi.

Menurutnya, secara umum Kota Solo sudah mampu mengimplementasikan master plan penataan angkutan massal perkotaan yang kuat sekaligus mampu menyadarkan masyarakat bahwa transportasi massal adalah hal yang penting.

Ia menjabarkan bahwa kemacetan menimbulkan banyak konsekuensi lain yang cenderung merugikan.

“Seperti CO2, maupun polutan yang berpengaruh pada kondisi fisik kita. Dengan jumlah armada (Batik Solo Trans) mencapai 126 unit, maka jumlah SDM yang terlibat tidak kurang dari 700 orang yang merupakan hasil pemberdayaan masyarakat di Solo raya,” katanya.

Baca juga:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.