Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanah Lot Bali Batasi Jumlah Kunjungan Turis hingga 75 Persen

Kompas.com - 31/12/2021, 12:31 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Kawasan wisata Tanah Lot di Kabupaten Tabanan, Bali, menerapkan sejumlah aturan untuk wisatawan guna mencegah penyebaran pandemi Covid-19

Melansir Antara, Kamis (30/12/2021), tempat wisata yang terkenal akan pura di tengah laut tersebut terlihat ramai oleh wisatawan Nusantara.

Asisten manajer obyek wisata Tanah Lot, Putu Toni Wirawan, mengatakan bahwa pihaknya melakukan pengawasan dan pembatasan guna menyikapi melonjaknya pengunjung dari berbagai daerah.

Baca juga:

"DTW (daerah tempat wisata) Tanah Lot membatasi jumlah pengunjung yang datang ke tempat ini hingga 75 persen, kontrol pembatasan jumlah pengunjung tersebut melalui pemeriksaan dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi," ujarnya.

Ia menambahkan, pihak pengelola akan menerjunkan anggotanya ke beberapa titik untuk mengawasi protokol kesehatan (prokes), termasuk kewajiban jaga jarak antarwisatawan.

Destinasi wisata Tanah Lot di Bali.DOK. KEMENPAREKRAF Destinasi wisata Tanah Lot di Bali.

Sementara itu, jumlah kunjungan wisatawan yang ada di Tanah Lot diperkirakan mencapai 3.000 orang pada libur tahun baru 2022. 

"(Varian) Omicron yang masuk ke Indonesia, mudah-mudahan tidak sampai ke Bali. Di Tanah Lot sudah melakukan instruksi dari Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri), mulai dari peningkatan prokes dan alat aplikasi PeduliLindungi sudah disiapkan di masing-masing titik kawasan ini," terangnya. 

Baca juga:

Tanah Lot merupakan lokasi dari Pura Luhur Tanah Lot yang berada di atas batu karang Pantai Beraban. 

Menurut Kompas.com, Jumat (10/9/2021), wisatawan bisa mengunjungi sejumlah pura lainnya dan tempat Air Suci yang letaknya berdekatan dengan Pura Luhur Tanah Lot. 

Adapun Air Suci tersebut dipercaya dapat menghilangkan aura negatif dalam diri dan menyembuhkan penyakit. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com