Kompas.com - 31/12/2021, 12:31 WIB

KOMPAS.com - Kawasan wisata Tanah Lot di Kabupaten Tabanan, Bali, menerapkan sejumlah aturan untuk wisatawan guna mencegah penyebaran pandemi Covid-19

Melansir Antara, Kamis (30/12/2021), tempat wisata yang terkenal akan pura di tengah laut tersebut terlihat ramai oleh wisatawan Nusantara.

Asisten manajer obyek wisata Tanah Lot, Putu Toni Wirawan, mengatakan bahwa pihaknya melakukan pengawasan dan pembatasan guna menyikapi melonjaknya pengunjung dari berbagai daerah.

Baca juga:

"DTW (daerah tempat wisata) Tanah Lot membatasi jumlah pengunjung yang datang ke tempat ini hingga 75 persen, kontrol pembatasan jumlah pengunjung tersebut melalui pemeriksaan dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi," ujarnya.

Ia menambahkan, pihak pengelola akan menerjunkan anggotanya ke beberapa titik untuk mengawasi protokol kesehatan (prokes), termasuk kewajiban jaga jarak antarwisatawan.

Destinasi wisata Tanah Lot di Bali.DOK. KEMENPAREKRAF Destinasi wisata Tanah Lot di Bali.

Sementara itu, jumlah kunjungan wisatawan yang ada di Tanah Lot diperkirakan mencapai 3.000 orang pada libur tahun baru 2022. 

"(Varian) Omicron yang masuk ke Indonesia, mudah-mudahan tidak sampai ke Bali. Di Tanah Lot sudah melakukan instruksi dari Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri), mulai dari peningkatan prokes dan alat aplikasi PeduliLindungi sudah disiapkan di masing-masing titik kawasan ini," terangnya. 

Baca juga:

Tanah Lot merupakan lokasi dari Pura Luhur Tanah Lot yang berada di atas batu karang Pantai Beraban. 

Menurut Kompas.com, Jumat (10/9/2021), wisatawan bisa mengunjungi sejumlah pura lainnya dan tempat Air Suci yang letaknya berdekatan dengan Pura Luhur Tanah Lot. 

Adapun Air Suci tersebut dipercaya dapat menghilangkan aura negatif dalam diri dan menyembuhkan penyakit. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.