Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tarif Tes Antigen untuk Naik KA Turun Jadi Rp35.000, Ini 83 Stasiun yang Melayani

Kompas.com - 31/12/2021, 18:06 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menerapkan tarif baru untuk layanan Rapid Test Antigen di stasiun dari sebelumnya Rp 45.000, turun menjadi Rp 35.000.

Tarif baru ini berlaku mulai 1 Januari 2022 di 83 stasiun yang melayani pemeriksaan Rapid Test Antigen.

"Penyesuaian tarif Rapid Test Antigen tersebut merupakan salah satu bentuk peningkatan pelayanan KAI kepada pelanggan di masa libur Tahun Baru 2022 ini," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus, dalam rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (31/12/2021).

Baca juga: Catat, Aturan Terbaru Perjalanan Kereta Api hingga 2 Januari 2022

Ia melanjutkan bahwa dengan makin terjangkaunya harga rapid test antigen itu, diharapkan calon pelanggan dapat memanfaatkan layanan tersebut dalam melengkapi persyaratan sesuai protokol kesehatan yang berlaku.

83 stasiun KA yang layani rapid test antigen

Adapun untuk saat ini, ada 83 stasiun yang melayani pemeriksaan rapid test antigen, yakni sebagai berikut:

Stasiun Pasar Senen, Gambir, Bekasi, Cikampek, Karawang, Bandung, Kiaracondong, Tasikmalaya, Banjar, Purwakarta, Cimahi, Cipendeuy, Ciamis, Cirebon, Cirebon Prujakan, Jatibarang, Babakan, Brebes, Haurgeulis, Pegadenbaru, Semarang Tawang, Semarang Poncol, Tegal, Cepu, Ngrombo, Pemalang, Pekalongan, Weleri, Purwokerto, Kroya, Kutoarjo, Sidareja.

Lalu Stasiun Kebumen, Gombong, Cilacap, Yogyakarta, Solo Balapan, Lempuyangan, Klaten, Purwosari, Sragen, Wates, Solo Jebres, Madiun, Jombang, Blitar, Kediri, Kertosono, Tulungagung, Nganjuk, Surabaya Pasar Turi, Surabaya Gubeng, Malang, Wlingi, Sidoarjo, Mojokerto, Bojonegoro, Babat.

Mulai 1 Januari, Tarif Rapid Test Antigen di Stasiun Menjadi Rp35.000KAI Mulai 1 Januari, Tarif Rapid Test Antigen di Stasiun Menjadi Rp35.000

Serta Stasiun Lamongan, Kepanjen, Wonokromo, Jember, Ketapang, Banyuwangi Kota, Rogojampi, Probolinggo, Kalisetail, Medan, Kisaran, Tanjung Balai, Rantauprapat, Mambangmuda, Tebing Tinggi, Kertapati, Prabumulih, Muaraenim, Lahat, Tebingtinggi, Lubuk Linggau, Tanjung Karang, Kotabumi, Baturaja, dan Martapura.

Baca juga: Anak Usia di Bawah 12 Tahun Wajib Tes PCR untuk Naik Kereta Api Saat Nataru

KAI terus mengingatkan kepada penumpang untuk selalu melengkapi persyaratan naik kereta api di masa Nataru. Salah satunya yaitu Rapid Test Antigen bagi pelanggan berusia di atas 12 tahun.

Pada periode 17-29 Desember 2021, KAI telah menolak 22.576 pelanggan karena belum melengkapi persyaratan.

Mereka yang ditolak adalah 9.628 orang karena tidak PCR bagi yang berusia di bawah 12 tahun, 8.983 orang karena tidak Rapid Test Antigen, 3.864 orang karena tidak vaksin dosis kesatu atau kedua, 96 orang karena sakit, dan lima orang karena tidak membawa masker.

Perjalanan KA saat jelang libur tahun baru 2022

Sementara itu menjelang Libur Tahun Baru pada periode 30 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022, KAI telah menjual 126.709 tiket Kereta Api Jarak Jauh.

Jumlah itu sekitar 41 persen dari total kapasitas tempat duduk yang KAI sediakan sebanyak 309.294 tempat duduk dan masih dapat terus bertambah karena penjualan tiket masih berlangsung.

Ilustrasi kereta api.KOMPAS.com/DANDY BAYU BRAMASTA Ilustrasi kereta api.

Untuk diketahui, tiket kereta api pada masa Natal dan Tahun Baru 2022 dapat dipesan melalui aplikasi KAI Access, website KAI, dan seluruh channel resmi penjualan tiket KAI lainnya.

Rute kereta api yang menjadi favorit masyarakat pada periode libur tahun baru adalah KA Airlangga (Pasarsenen - Surabaya Pasarturi PP), KA Kahuripan (Kiaracondong - Blitar PP), KA Bengawan (Pasarsenen - Purwosari PP).

Baca juga: Liburan Sambil Tidur di Kereta? Ini Rekomendasi Sleeper Train di Dunia

Ada juga KA Jayabaya (Pasarsenen - Malang PP), KA Argo Wilis (Bandung - Surabaya Gubeng PP), dan KA Argo Lawu (Gambir - Solobalapan PP).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com