Kompas.com - 31/12/2021, 21:47 WIB

KOMPAS.com - Bandara Internasional Juanda mulai membuka pintu masuk kedatangan bagi pelaku perjalanan internasional, namun dilakukan secara bertahap.

Dalam Rapat Koordinasi Pembukaan Bandara Juanda bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN), Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, kesiapan bandara dan tempat karantina sudah cukup baik.

"Secara umum kesiapan Bandara Juanda dan tempat karantina sudah baik, tetapi saya minta pembukaan bandara ini dilakukan secara bertahap seperti misalnya setiap seminggu sekali ada evaluasi, ada learning process (proses pembelajaran)," kata Luhut dalam keterangan tertulis, seperti dikutip Antara, Jumat (31/12/2021).

Baca juga: Surabaya Siapkan 1.900 Tempat Tidur Karantina Perjalanan Luar Negeri

Untuk tahap awal, Bandara Juanda dapat menerima tiga penerbangan internasional per minggu dan hanya untuk Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Menurut Luhut, evaluasi akan dilakukan setiap minggu. Jika hasilnya baik, tak menutup kemungkinan jumlah penerbangan internasional akan ditambah.

"Saya minta pengawasan dilakukan secara ketat sehingga tidak ada kebocoran. Selain itu pastikan segala kebutuhan logistik wisma karantina dapat dipenuhi dan anggarannya tersedia," tuturnya.

Mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan HAM itu juga berpesan agar semua pekerja, mulai dari pekerja bandara hingga di tempat karantina diberikan proteksi yang memadai dan dilakukan tes secara rutin.

Baca juga: 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.