Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembang Api Meriah Iringi Pergantian Tahun di Sydney

Kompas.com - 01/01/2022, 00:03 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber ABC News

KOMPAS.com - Sydney menyambut pergantian tahun 2022 dengan menggelar pertunjukan kembang api spektakuler di langit pelabuhan.

Peningkatan kasus virus corona varian Omicron maupun gelombang panas nampak tak menyurutkan semangat warga Sydney merayakan perpisahan untuk 2021.

Seperti dilaporkan ABC, pada momen hitung mundur digelar acara Welcome to Country yang menghiasi pelabuhan sebagai bagian dari pesta kembang api pukul 21.00.

Pameran yang digelar merupakan karya seniman visual dan pertunjukan, Blak Douglas, yang dibuat untuk menghormati budaya bangsa pertama di daratan dan orang-orang Kepulauan Selat Torres.

Warga sekitar juga tampak antusias dan berkumpul menantikan pergantian tahun. Meski langit Sydney dan Melbourne tampak cerah, dan ini tak selalu terjadi setiap tahunnya, acara malam pergantian tahun ini tetap diatur agar menjaga angka pengunjung tetap rendah.

Sebagian warga mencari hiburan setelah lama terkurung akibat masa penguncian (lockdown). Lisa Adametz dan putrinya Hannah, misalnya, rela melalui perjalanan dari Melbourne untuk menyaksikan pesta kembang api di Sydney.

"Kami sangat bersemangat dan sudah menunggu momen ini lama sekali, setelah lockdown begitu lama."

"Kami sangat amat stres, bahkan saat jalan ke sini kami khawatir perjalanan bakal dibatalkan di menit-menit terakhir," kata Adametz.

Salah satu harapannya di tahun baru adalah agar tidak ada lagi lockdown dan situasi membaik.

Sebelumnya, Perdana Menteri Scott Morrison mengatakan warga Australia harus optimis tentang tahun yang akan datang. Sebab, angka kasus di negara mereka sudah mencapai angka terendah dan vaksinasi juga sudah mencapai angka tertinggi di dunia.

"Orang-orang sudah terisolasi begitu lama. Mari kita berharap agar 2022 membawa kesehatan dan kebahagiaan bagi kita semua," ungkapnya melalui pesan tahunan.

Baca juga: 6 Perayaan Tahun Baru yang Unik di Dunia, Lihat Matahari Terbit

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ABC News
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com