Kompas.com - 01/01/2022, 00:03 WIB

KOMPAS.com - Sydney menyambut pergantian tahun 2022 dengan menggelar pertunjukan kembang api spektakuler di langit pelabuhan.

Peningkatan kasus virus corona varian Omicron maupun gelombang panas nampak tak menyurutkan semangat warga Sydney merayakan perpisahan untuk 2021.

Seperti dilaporkan ABC, pada momen hitung mundur digelar acara Welcome to Country yang menghiasi pelabuhan sebagai bagian dari pesta kembang api pukul 21.00.

Pameran yang digelar merupakan karya seniman visual dan pertunjukan, Blak Douglas, yang dibuat untuk menghormati budaya bangsa pertama di daratan dan orang-orang Kepulauan Selat Torres.

Warga sekitar juga tampak antusias dan berkumpul menantikan pergantian tahun. Meski langit Sydney dan Melbourne tampak cerah, dan ini tak selalu terjadi setiap tahunnya, acara malam pergantian tahun ini tetap diatur agar menjaga angka pengunjung tetap rendah.

Sebagian warga mencari hiburan setelah lama terkurung akibat masa penguncian (lockdown). Lisa Adametz dan putrinya Hannah, misalnya, rela melalui perjalanan dari Melbourne untuk menyaksikan pesta kembang api di Sydney.

"Kami sangat bersemangat dan sudah menunggu momen ini lama sekali, setelah lockdown begitu lama."

"Kami sangat amat stres, bahkan saat jalan ke sini kami khawatir perjalanan bakal dibatalkan di menit-menit terakhir," kata Adametz.

Salah satu harapannya di tahun baru adalah agar tidak ada lagi lockdown dan situasi membaik.

Sebelumnya, Perdana Menteri Scott Morrison mengatakan warga Australia harus optimis tentang tahun yang akan datang. Sebab, angka kasus di negara mereka sudah mencapai angka terendah dan vaksinasi juga sudah mencapai angka tertinggi di dunia.

"Orang-orang sudah terisolasi begitu lama. Mari kita berharap agar 2022 membawa kesehatan dan kebahagiaan bagi kita semua," ungkapnya melalui pesan tahunan.

Baca juga: 6 Perayaan Tahun Baru yang Unik di Dunia, Lihat Matahari Terbit

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber ABC News
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.