Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tempat Wisata Pantai di Banten Sepi Turis Saat Malam Tahun Baru

Kompas.com - 01/01/2022, 06:09 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Tempat wisata pantai di Banten terlihat sepi wisatawan saat malam tahun baru 2022, Jumat (31/12/2021), sehingga tidak terjadi kerumunan. 

Pemilik restoran, hotel, vila, dan pedagang di kawasan Anyer hingga Pantai Carita dan selatan Lebak mengeluhkan hal tersebut, melansir Antara pada Sabtu (1/1/2022).

Hendra, salah seorang pemilik restoran di kawasan Anyer di Kabupaten Serang, mengatakan bahwa biasanya tempat wisata di Banten ramai wisatawan saat perayaan tahun baru. 

Namun, kini kendaraan wisatawan yang menuju tempat wisata pesisir Banten bagian barat relatif sedikit dari sore hingga malam.

"Kami memastikan sepinya pengunjung wisata itu pascabencana tsunami 2018 yang terjadi di pesisir pantai barat Provinsi Banten, mulai Anyer, Carita, hingga Sumur, juga ditambah dampak pandemi," ujar Hendra.

Hal senada juga dikatakan oleh seorang pelaku wisata bernama Hilma. Ia menjelaskan, wisatawan yang datang ke wilayah tersebut sudah sepi sejak tiga tahun lalu, termasuk pada malam tahun baru.

Sebelum tsunami melanda kawasan tersebut, lanjutnya, wisatawan ramai mengunjungi daerah pantai dari sore hingga malam. 

"Kami berharap ke depan obyek wisata pantai Banten kembali bangkit," ujarnya. 

Baca juga:

Sementara itu, menurut penjaga tempat wisata pantai di Kecamatan Bayah di Kabupaten Lebak, Ade, sepinya wisatawan disebabkan peristiwa tsunami dan imbauan pemerintah agar tidak berkerumun. 

"Kami awalnya memprediksi wisatawan untuk merayakan pergantian tahun baru ramai, namun kenyataannya sepi pengunjung," kata Ade. 

Kompas.com melaporkan, Selasa (22/12/2020), tsunami terjadi di Selat Sunda, sekaligus menerjang Provinsi Banten dan Provinsi Lampung, pada 22 - 23 Desember 2018.

Hingga 31 Desember 2018 pukul 13.00 WIB, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat 437 orang yang meninggal dunia akibat bencana tersebut. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com