Kompas.com - 01/01/2022, 06:09 WIB

KOMPAS.com - Tempat wisata pantai di Banten terlihat sepi wisatawan saat malam tahun baru 2022, Jumat (31/12/2021), sehingga tidak terjadi kerumunan. 

Pemilik restoran, hotel, vila, dan pedagang di kawasan Anyer hingga Pantai Carita dan selatan Lebak mengeluhkan hal tersebut, melansir Antara pada Sabtu (1/1/2022).

Hendra, salah seorang pemilik restoran di kawasan Anyer di Kabupaten Serang, mengatakan bahwa biasanya tempat wisata di Banten ramai wisatawan saat perayaan tahun baru. 

Namun, kini kendaraan wisatawan yang menuju tempat wisata pesisir Banten bagian barat relatif sedikit dari sore hingga malam.

"Kami memastikan sepinya pengunjung wisata itu pascabencana tsunami 2018 yang terjadi di pesisir pantai barat Provinsi Banten, mulai Anyer, Carita, hingga Sumur, juga ditambah dampak pandemi," ujar Hendra.

Hal senada juga dikatakan oleh seorang pelaku wisata bernama Hilma. Ia menjelaskan, wisatawan yang datang ke wilayah tersebut sudah sepi sejak tiga tahun lalu, termasuk pada malam tahun baru.

Sebelum tsunami melanda kawasan tersebut, lanjutnya, wisatawan ramai mengunjungi daerah pantai dari sore hingga malam. 

"Kami berharap ke depan obyek wisata pantai Banten kembali bangkit," ujarnya. 

Baca juga:

Sementara itu, menurut penjaga tempat wisata pantai di Kecamatan Bayah di Kabupaten Lebak, Ade, sepinya wisatawan disebabkan peristiwa tsunami dan imbauan pemerintah agar tidak berkerumun. 

"Kami awalnya memprediksi wisatawan untuk merayakan pergantian tahun baru ramai, namun kenyataannya sepi pengunjung," kata Ade. 

Kompas.com melaporkan, Selasa (22/12/2020), tsunami terjadi di Selat Sunda, sekaligus menerjang Provinsi Banten dan Provinsi Lampung, pada 22 - 23 Desember 2018.

Hingga 31 Desember 2018 pukul 13.00 WIB, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat 437 orang yang meninggal dunia akibat bencana tersebut. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.